Mohon tunggu...
Rahma M Wanda A
Rahma M Wanda A Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Akuntansi

done is better than perfect

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Para Pelaku Usaha Terbantu dalam Pencatatannya dengan Menggunakan Aplikasi BukuKas

6 Agustus 2021   09:16 Diperbarui: 6 Agustus 2021   09:22 57 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Para Pelaku Usaha Terbantu dalam Pencatatannya dengan Menggunakan Aplikasi BukuKas
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Boyolali (02/8). Bagi pelaku usaha khususnya yang telah resmi terdaftar sebagai UMKM, tentunya sangat penting dalam mengelola keuangan usahanya. Khususnya dalam mengetahui bagaimana arus keluar dan masuk uangnya.

Tak banyak diantaranya yang paham bagaimana pencatatan dan pengelolaan keuangan usahanya, oleh karenanya sosialisasi perlu dikerahkan. Seperti yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN Asal Boyolali. Dengan target pelaku usaha di Dukuh Tegal Mulyo, Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali, Rahma telah berhasil mensosialisasikan pencatatan keuangan secara sederhana dengan menggunakan Aplikasi BukuKas yang mudah untuk didapatkan dan digunakan.

Pelaksanaan sosialisasi dan edukasi mengenai aplikasi BukuKas kepada pelaku usaha dilaksanakan di Minggu ke-5 dan ke-6 setelah sebelumnya mengumpulkan materi dan cara penggunaan sederhana aplikasi BukuKas di Minggu ke-3 dan ke-4.

Ibu Liliea selaku pemilik usaha makanan berupa snack dan kue adalah salah satu target sosialisasi dan edukasi Program KKN Rahma. Di waktu luangnya, Ibu Liliea memberikan kesempatan Rahma untuk memberikan sosialisasi dan edukasi mengenai pencatatan keuangan menggunakan aplikasi BukuKas yang masih awam bagi Ibu Liliea.

Rahma menunjukkan bagaimana cara memperoleh aplikasi BukuKas hingga cara penggunaan aplikasi tersebut. Dimulai dari mencatat pemasukan, pengeluaran, hingga mencatat persediaan barang dagangan beserta bahannya. Rahma menjelaskan secara lengkap dan terperinci penggunaan aplikasi BukuKas dan dengan sukarela menerima pertanyaan apabila Ibu Liliea mengalami kebingungan dalam penggunaannya.

Di samping Ibu Liliea, Rahma juga mengedukasi Ibu Nunung selaku pemilik usaha pakaian. Hampir sama dengan pemberian edukasi penggunaan aplikasi BukuKas yang dilakukan kepada Ibu Liliea, hanya saja Ibu Nunung menggunakan fitur lain dalam mencatat piutang dan hutang, selain itu Rahma pun mengejarkan bagaimana melakukan penagihan piutang kepada orang-orang tertentu melalui Whatsapp dan SMS.

Bagi Ibu Liliea dan Ibu Nunung, dengan usaha yang berbeda, keduanya mengakui bahwa aplikasi BukuKas membantu dalam mengatur keuangannya dan bersedia untuk menggunakan aplikasi tersebut untuk kedepannya.

Dosen Pembimbing Lapangan : Prof. Dr. Ari Pradhanawati, MS

Penulis : Rahma Maulida Wanda Azahra

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN