Mohon tunggu...
Randy Mahendra
Randy Mahendra Mohon Tunggu... Penulis - Warga Biasa

Warga Biasa

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Arti Kata "Tiang Setri" dalam Bahasa Jawa, Itu Apa? Lirik Lagu Happy Amsara yang Viral

5 Februari 2024   07:10 Diperbarui: 5 Februari 2024   07:29 1844
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Arti kata tiang setri. (Sumber: YouTube RC Music)

Banyak yang penasaran dengan arti kata "Tiang Setri" dalam bahasa Jawa. Kata ini terdapat dalam lirik lagu terbaru Happy Asmara yang berjudul "Anak Wedok".

Bagi orang Jawa, tentu akan lebih mudah mengartikan kata "Tiang Setri" karena kata ini tidak asing dalam percakapan sehari-hari orang Jawa.

Sedangkan bagi pendengar dari luar suku Jawa, tentu akan kesulitan mengartikan kata "Tiang Setri" sebab kata ini begitu asing terdengar.

Diketahui lagu Happy Asmara "Anak Wedok" tersebut diunggah di akun YouTube RC Music, pada 3 Februari 2024, lagu ini berhasil menyedot perhatian penonton.

Terbukti dilihat penulis pada 5 Februari 2024, setelah beberapa waktu tayang di YouTube, lagu Anak Wedok telah ditonton lebih dari 190 ribu kali, mendapat 3 ribu kali suka, dan lebih dari seribu komentar.

Lantas apa arti kata "Tiang Setri" yang terdapat lagu Anak Wedok dalam bahasa Jawa?

Dikutip dari Kamus Jawa, Tiang Setri berasal dari dua kata yaitu "Tiang atau Tiyang" dan "Setri atau Estri", jika diartikan dalam bahasa Indonesia sebagai berikut:

Tiyang/Tiang: Orang

Estri/Setri: Perempuan

Jadi arti kata "Tiang Setri" jika merujuk pada penjelasan diatas bisa bermakna "orang perempuan" atau "seorang perempuan" atau "perempuan" saja.

Untuk mengartikan kata "tiang setri" dalam suatu kalimat bahasa Jawa, biasanya menghilangkan kata "orang" atau diganti menjadi "seorang", karena "tiang" dalam bahasa Jawa untuk menegaskan kata selanjutnya, jika merujuk penjelasan di atas untuk menegaskan "perempuan".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun