Mohon tunggu...
Roudhoh Khalimatus Zuhro
Roudhoh Khalimatus Zuhro Mohon Tunggu... Lainnya - Alumni Magang di Universitas Muhammadiyah Purwokerto

~

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Menjelajahi Pengalaman Berharga dalam Program Jurnalisme Berkebangsaan Batch 9

17 April 2023   00:37 Diperbarui: 17 April 2023   00:48 130
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Wadah Teman #2 Ngabubu-read Sharing Buku The Sun and Her Flowers

Saya merasa beruntung dapat mengikuti program Jurnalisme Berkebangsaan Batch 9 yang diselenggarakan melalui kolaborasi Kognisi.id (by Growth Center), Growth Center (by Kompas Gramedia), dan Karsa Bhakti Foundation. Program Jurnalisme Berkebangsaan berfokus pada penguatan nilai-nilai etika dalam komunikasi bermedia digital.

Saya mengikuti program ini bersama dengan teman-teman perwakilan dari Bidang Kemahasiswaan Kaderisasi dan Alumni (BMKA) Salman ITB. Selain itu, saya bergabung dalam program ini karena memiliki pengalaman sebagai mantan Pimpinan PSDM LPM Bhaskara Universitas Muhammadiyah Purwokerto, sehingga relevan untuk memperbarui pengetahuan saya dalam bidang jurnalistik.

Dalam program ini, saya memilih untuk mengikuti dua sesi kolaborasi menarik, yaitu Membuat Storytelling Sesuai Kaidah Jurnalistik untuk Konten Kreator oleh Wisnu Nugroho (Editor In Chief Kompas.com) dan Menciptakan Konten Kreatif dan Memperluas Jangkauan Bisnis Melalui Blog oleh Nurulloh (Chief Operating Officer Kompasiana). Dalam kedua sesi ini, saya mempelajari pentingnya menulis storytelling dengan mengikuti kaidah jurnalistik dan bagaimana memperluas jangkauan bisnis melalui blog yang kreatif.

Selain itu, saya juga mengikuti sesi mentoring dengan topik Citizen Journalism dan Tren di Era Digital oleh Johanes Heru Margianto (Managing Editor Kompas.com). Sesi ini memberikan wawasan yang berharga tentang peran warga negara dalam jurnalisme dan tren terbaru di era digital. Saya sangat terinspirasi oleh ilmu yang beliau berikan dan merasa lebih siap untuk terlibat dalam dunia jurnalisme.

Terakhir, saya merasa terhormat dapat menjadi pembicara dalam acara Wadah Teman #2 Ngabubu-read Sharing Buku The Sun and Her Flowers yang ditulis oleh Rupi Kaur. Dalam acara ini, saya membagikan pemikiran saya tentang buku tersebut dengan teman-teman dan mendapatkan wawasan baru tentang sastra dan kreativitas.

Inilah salah satu pengalaman berharga saya dalam mengikuti program Jurnalisme Berkebangsaan Batch 9 yang dapat bermanfaat bagi pengembangan karir dan kreativitas saya. Saya berharap dapat terus belajar dan terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang mendukung perkembangan jurnalisme.


Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun