Mohon tunggu...
Rizky Julranda
Rizky Julranda Mohon Tunggu... Mahasiswa - Law Student

Nothing

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Manfaatkan Lahan Kosong, Tim Pengabdian Mahasiswa Universitas Riau Lakukan Penanaman Toga di Desa Buluh Manis

2 Agustus 2021   09:17 Diperbarui: 2 Agustus 2021   09:23 116 2 0 Mohon Tunggu...

BENGKALIS- Mahasiswa KKN Balek Kampung Desa Buluh Manis, Kecamatan Bathin Solaphan, Kabupaten Bengkalis mengadakan program kegiatan demonstrasi dan pendirian kebun Tanaman Obat Keluarga atau dikenal dengan TOGA. Kegiatan ini melibatkan langsung kepala desa dan ibu-ibu PKK Desa Buluh Manis (28/07/2021).

Berlokasi di samping kantor Desa Buluh Manis, kegiatan ini dimaksudkan dalam upaya pemanfaatan lahan yang sudah tidak terawat lagi. Awalnya terdapat sebuah kebun yang sudah tidak dimanfaatkan dan tidak terawat yang terletak di samping kantor desa, sehingga dimanfaatkan oleh Tim Mahasiswa Kukerta Balek Kampung UNRI menjadi kebun Toga dan hasilnya akan dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan jamu.

Yusuf Bimanggala selaku ketua tim mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu program kerja unggulan dari tim mereka. “Penanaman tanaman obat ini bertujuan untuk melestarikan obat-obatan herbal yang biasa digunakan untuk meningkatkan imun tubuh sehingga warga Buluh Manis mendapatkan manfaat dari kebun TOGA ini” ujarnya.

dokpri
dokpri

Selain itu dimasa pandemi ini, menjaga daya tahan tubuh sangat diperlukan untuk terhindar dari penyakit dan virus. Asupan nutrisi untuk meningkatkan imunitas tubuh dapat diperoleh dari tanaman toga ini.

Tanaman toga ini juga disebut-sebut sebagai jenis tanaman yang memiliki banyak khasiat sebagai obat dan menjadi salah satu warisan kekayaan alam turun-temurun dari nenek moyang Indonesia.

Kegiatan tersebut mendapat dukungan dari Legimun selaku Kepala Desa Buluh Manis. “Saya sangat mendukung program kerja mendirikan TOGA di kebun dasawisma ini karena manfaatnya juga sangat baik nantinya” ujarnya

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN