Mohon tunggu...
Rizqy FebrySaputra
Rizqy FebrySaputra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Olahraga, Saya menyukai olahraga terutama di olahraga futsal

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Parkir Liar yang Menyebabkan Kemacetan

7 Desember 2022   13:18 Diperbarui: 14 Desember 2022   13:55 97
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

   Parkir liar di sekitaran Pasar Kebayoran,, Kebayoran Lama, menjadi salah satu lokasi yang masih menjadi pemicu kemacetan di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Diketahui, sejumlah pengendara motor dan mobil melanggar beralasan melakukan parkir liar karena ingin praktis dan lebih cepat untuk berbelanja di Pasar Kebayoran. Padahal lahan parkir pasar Kebayoran bagi pengendara motor dan mobil telah di sediakan di dalam dan di belakang Pasar.

Tindakan parkir liar ini tidak terlepas dari kurangnya kesadaran terhadap pengguna jalan lain seperti pejalan kaki dan para pedagang.

Bagi pengendara yang nekat melakukan parkir liar akan ada hukuman yang menanti. Pengendara tersebut akan terkena hukuman apa yang sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 34 Tahun 2006 tentang Jalan

Pada Pasal 38 disebutkan bahwa setiap orang dilarang menggunakan ruang manfaat jalan yang dapat berakibat pada terganggunya fungsi jalan.

Seharusnya setiap orang yang memiliki kendaraan wajib juga memiliki garasi atau tempat untuk menyimpan kendaraan nya. 

Akibat dari parkir liar ini banyak dampak yang terjadi salah satunya yaitu kemacetan dan masih banyak lagi seperti terjadinya penyempitan ruang jalan lalu lintas, berdampak pada pengurangan kecepatan laju kendaraan dan mengakibatkan kemacetan sehingga akan merugikan banyak pengguna jalan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun