Mohon tunggu...
Rizqy PutriAgpila
Rizqy PutriAgpila Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi Kedokteran Gigi

^^

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Yuk Intip Aksi Siswa-siswi SD 2 Mijen dalam Menerapkan Kebiasaan Sikat Gigi yang Baik dan Benar!

14 Agustus 2022   21:44 Diperbarui: 14 Agustus 2022   22:06 113
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mijen, Kudus (26/07) - Kesehatan gigi dan mulut merupakan hal yang amat penting dan harus senantiasa dijaga. Salah satu cara mudah menjaga kesehatan gigi mulut tersebut yaitu dengan melakukan kebiasaan sikat gigi. Kebiasaan tersebut harus ditanamkan sedini mungkin dengan menekankan hal-hal seperti waktu, sikat, hingga teknik yang tepat. 

Namun, pada kenyataannya, kebiasaan sikat gigi yang selama ini telah dilakukan belum tentu sudah benar dan tepat. Hal ini telah dibuktikan dengan wawancara terhadap siswa SD 2 Mijen yang mayoritas menyatakan bahwa selama ini mereka menggunakan sikat gigi dengan ukuran sama dengan sikat gigi milik orang tua mereka, begitu halnya dengan pasta gigi yang digunakan. 

Dari sanalah, muncul inisiatif dari Rizqy Putri Agpila, mahasiswi KKN TIM II Undip 2021/2022 yang berlokasi di Desa Mijen Kabupaten Kudus untuk melakukan sosialisasi mengenai bagaimana gosok gigi yang baik dan benar pada anak. Program monodisiplin berupa sosialisasi ini mengangkat tema "Sehat Gigiku dengan Sikat Gigi".

Program kerja "Sehat Gigiku dengan Sikat Gigi" mengacu pada poin 3 dari Sustainable Development Goals (SDG's), yaitu Kehidupan yang Sehat dan Sejahtera. Program ini bertujuan mengedukasi dan meningkatkan kesadaran terkait pentingnya kebiasaan sikat gigi yang baik dan benar. 

Dokpri
Dokpri
Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri


Program ini berlangsung pada Selasa (26/07), dan dibuka dengan pemaparan materi. 

Poin yang ditekankan meliputi waktu yang tepat untuk sikat gigi (yaitu 2 kali sehari setelah sarapan dan sebelum tidur), kriteria pasta gigi (pasta gigi anak sebaiknya berbeda dari orang tua, 

karena kebutuhan akan fluor nya juga tidak sama) dan sikat gigi yang baik serta sesuai (untuk anak, pilih bulu sikat yang lembut dan kepala sikat yang kecil), hingga dampak dari sikat gigi yang salah (misalnya sikat gigi dewasa apabila dipakai anak maka akan berisiko melukai gusinya). 

Selain pemaparan materi, dilakukan juga demonstrasi teknik sikat gigi yang benar dengan menggunakan model gigi. 

Dalam pelaksanaanya, siswa-siswi SD 2 Mijen tampak sangat antusias. Antusiasme tersebut juga terlihat saat dilakukannya kegiatan sikat gigi bersama di akhir program, pada kegiatan tersebut, siswa diminta mempraktikkan langsung teknik sikat gigi yang benar sesuai dengan materi yang diberikan sebelumnya.

Dokpri
Dokpri

Dengan adanya program ini, siswa-siswi SD 2 Mijen diharapkan dapat semakin menyadari pentingnya menjaga kesehatan gigi mulut, salah satunya dengan menumbuhkan kebiasaan sikat gigi yang baik dan benar.


Penulis : Rizqy Putri Agpila
Lokasi KKN : Desa Mijen, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah
DPL : Ibu Hartanti Sandi Wijayanti, S.Gz., M.Gizi
KKN Tim II Undip Periode 2021/2022

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun