Mohon tunggu...
Rizqi Fajar Triaji
Rizqi Fajar Triaji Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Diponegoro

Mahasiswa Manajemen Angkatan 2019

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Lestarikan Tempe sebagai Komoditas Utama Desa

12 Agustus 2022   12:35 Diperbarui: 12 Agustus 2022   13:28 146
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pengenalan Pemasaran Online

Pada hari Rabu (10/08/2022), mahasiswa KKN Tim  II Undip Tahun 2022 memperkenalkan pemasaran online yang dapat membantu pengrajin tempe dalam memasarkan produknya. Kegiatan ini dilakukan dalam acara Pembentukan dan Pengembangan Kelompok Pengrajin Tempe yang ada di Desa Bojongsari, Kecamatan Kembaran, Kabupaten Banyumas.

Pemasaran saat ini telah bergeser dari yang awalnya dilakukan secara konvensional seperti melalui brosur/pamflet, dan melalui media tv maupun radio menjadi pemasaran secara online. Pemasaran online merupakan pemasaran atau promosi produk yang dilakukan dengan memanfaatkan internet dalam pelaksanaannya. Pemasaran ini dapat dilakukan melalui handphone, laptop, komputer, maupun gadget lainnnya. Pemasaran online bertujuan untuk dapat menjangkau konsumen seluas-luasnya. Hal ini dikarenakan dengan adanya internet membuat semua orang yang mengakses internet akan dapat mengetahui produk yang sedang dipasarkan.

Selain untuk menjangkau konsumen yang lebih luas lagi, pemasaran online ini juga memiliki biaya yang lebih rendah atau murah jika dibandingkan dengan pemasaran konvensional. Mulai dengan kuota internet dan juga bisa untuk biaya semacam instagram ads, facebook ads dan yang lainnya. Tarif yang digunakan pun dilakukan secara terperinci bergantung dengan apa yang kita masukan dalam ads tersebut. Dengan biaya yang lebih murah ini dan juga jangkauan pasar yang luas diharapkan dapat membantu para pengrajin tempe yang ada di Desa Bojongsari untuk dapat lebih berkembang dan bersaing meskipun mungkin masih dalam skala usaha yang kecil atau rumahan.

Pembentukan Kelompok Pengrajin Tempesari
Pembentukan Kelompok Pengrajin Tempesari

Dalam acara yang dilaksanakan dengan bekerja sama dengan pemerintah desa setempat para peserta terlihat cukup antusias mendengarkan penjelasan yang ada. Selain itu, diakhir acara dilaksanakan pembentukan kelompok pengrajin tempe yang ada di Desa Bojongsari dengan tujuan untuk dapat memudahkan para pengrajin tempe apabila nantinya membutuhkan bantuan seperti pengadaan peralatan dalam proses pembuatan tempe nantinya karena dalam pengajuan bantuan tersebut tidak bisa diatasnamakan pribadi dan harus diatasnamakan kelompok. Maka dari itu, pembentukan kelompok dan pemasaran onlineini sangat penting untuk terus dapat melestarikan usaha pengrajin tempe yang ada dan dapat diteruskan kepada generasi-generasi selanjutnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun