Pada hari Rabu (10/08/2022), mahasiswa KKN Tim  II Undip Tahun 2022 memperkenalkan pemasaran online yang dapat membantu pengrajin tempe dalam memasarkan produknya. Kegiatan ini dilakukan dalam acara Pembentukan dan Pengembangan Kelompok Pengrajin Tempe yang ada di Desa Bojongsari, Kecamatan Kembaran, Kabupaten Banyumas.
Pemasaran saat ini telah bergeser dari yang awalnya dilakukan secara konvensional seperti melalui brosur/pamflet, dan melalui media tv maupun radio menjadi pemasaran secara online. Pemasaran online merupakan pemasaran atau promosi produk yang dilakukan dengan memanfaatkan internet dalam pelaksanaannya. Pemasaran ini dapat dilakukan melalui handphone, laptop, komputer, maupun gadget lainnnya. Pemasaran online bertujuan untuk dapat menjangkau konsumen seluas-luasnya. Hal ini dikarenakan dengan adanya internet membuat semua orang yang mengakses internet akan dapat mengetahui produk yang sedang dipasarkan.
Selain untuk menjangkau konsumen yang lebih luas lagi, pemasaran online ini juga memiliki biaya yang lebih rendah atau murah jika dibandingkan dengan pemasaran konvensional. Mulai dengan kuota internet dan juga bisa untuk biaya semacam instagram ads, facebook ads dan yang lainnya. Tarif yang digunakan pun dilakukan secara terperinci bergantung dengan apa yang kita masukan dalam ads tersebut. Dengan biaya yang lebih murah ini dan juga jangkauan pasar yang luas diharapkan dapat membantu para pengrajin tempe yang ada di Desa Bojongsari untuk dapat lebih berkembang dan bersaing meskipun mungkin masih dalam skala usaha yang kecil atau rumahan.
Dalam acara yang dilaksanakan dengan bekerja sama dengan pemerintah desa setempat para peserta terlihat cukup antusias mendengarkan penjelasan yang ada. Selain itu, diakhir acara dilaksanakan pembentukan kelompok pengrajin tempe yang ada di Desa Bojongsari dengan tujuan untuk dapat memudahkan para pengrajin tempe apabila nantinya membutuhkan bantuan seperti pengadaan peralatan dalam proses pembuatan tempe nantinya karena dalam pengajuan bantuan tersebut tidak bisa diatasnamakan pribadi dan harus diatasnamakan kelompok. Maka dari itu, pembentukan kelompok dan pemasaran onlineini sangat penting untuk terus dapat melestarikan usaha pengrajin tempe yang ada dan dapat diteruskan kepada generasi-generasi selanjutnya.