Rizma Putri N
Rizma Putri N Mahasiswa

mahasiswi Tadris Matematika UIN Malang

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Biasakan Analisis Diri untuk Perbaikan Diri

15 April 2018   06:00 Diperbarui: 15 April 2018   08:30 393 3 1
Biasakan Analisis Diri untuk Perbaikan Diri
Sumber: https://cnsteem.com


Analisa diri tersusun dari dua kata yaitu analisa yang artinya meneliti, intropeksi. Sedangkan diri memiliki arti aku, ego, saya, beta. Dari kedua pengertian tersebut dapat kita ketahui bahwa analisa diri adalah suatu proses yang dilakukan secara sadar untuk meneliti diri sendiri. Menganalisa diri memiliki tujuan agar kita dapat mengetahui ukuran kemampuan diri sendiri, selain itu juga agarkita dapat mengetahui siapa diri kita sebenarnya dan sudah sesuaikah tindakan dari diri kita.

Sebagian orang berpendapat bahwa menganalisa diri ini penting tapi ada juga yang berpendapat bahwa analisa diri ini tidak penting. Jika muncul pertanyaan "apakah menganalisa diri itu penting?" maka saya akan menjawab "Ya, sangat penting". Mengapa saya mengatakan demikian? Karena menganalisa diri adalah cara kita untuk mengetahui sejauh mana kemampuan diri kita dan sampai mana batas-batas kemampuan kita.

Manfaat analisa diri

  • Menjadi pribadi yang rendah hati

Melalui analisa diri kita akan mengerti dimana letak kekurangan yang kita miliki, dengan demikian kita akan menjadi pribadi yang rendah hati dan tidak sombong karena selalu ingat bahwa tak ada yang dapat disombongkan dari diri sendiri.

  • Menghargai kekurangan dan kelebihan masing-masing

Saat kita tau bahwa semua orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, dan kita juga mengerti apa kekurangan yang ada pada diri sendiri, maka kita harus saling menghargai kekurangan dan kelebihan masing-masing.

  • Mampu memanfaatkan ancaman dan peluang

Jika kita sudah melakukan analisa diri sendiri, maka kita akan menyadari dimana kelemahan dan dimana kelebihan yang dimiliki diri sendiri ini yang saya sebut sebagai peluang dan ancaman. Saat kita melihat adanya peluang di depan kita maka kita harus segera memanfaatkannya sebaik mungkin karena peluang adalah hal yang sesuai dengan kelebihan yang kita miliki. Begitu juga dengan ancaman, ancaman adalah hal yang berhubungan dengan kelemahan yang kita miliki jadi kita tidak perlu terjerumus pada ancaman itu hingga kita melakukan hal-hal yang ada di luar batas kemampuan diri kita.

Menganalisa diri bukan hanya dari hasil perenungan kita tentang bagaimana diri kita, tapi juga hasil dari penilaian orang lain tentang diri kita. Penilaian orang lain mencerminkan tentang sikap dan tingkah laku sehari-hari kita dalam menjalin interaksi dengan mereka, walaupun terkadang penilaian orang lain pada kita tidak selalu baik tapi memang begitulah cerminan diri kita.

Mulai kini, jangan lupa untuk selalu menganalisis diri dan senantiasa memperbaiki kekurangan pada diri walau sebenarnya tidak ada yang sempurna di dunia ini, tapi setidaknya kita berusaha untuk mendekati sempurna