Rizma Putri N
Rizma Putri N Mahasiswa

mahasiswi Tadris Matematika UIN Malang

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Wow, Guruku Ternyata Seorang "Detektif"

15 Februari 2018   07:59 Diperbarui: 15 Februari 2018   08:23 830 4 1
Wow, Guruku Ternyata Seorang "Detektif"
sumber foto: jimharold.com

Detektif..  Terbayang tidak bagaimana penampilan seorang detektif?  Hehehe kayak di film kartun "Detektif Conan" yaa... Tapi ini bukan sembarang detektif loh..  Guru saya di sekolah menjadi seorang detektif, diam diam menyelinap dan menyelidiki hal hal yang tersembunyi.

waduuh.. di sekolah ngapain ada detektif? menyamar jadi guru apa ya?? lagi menyelidiki tentang apa?? hehhe.. tenang,detektif yang ini baik kok, suka membantu teman-teman yang sedang memiliki masalah.

Menjadi guru BK khususnya, bisa sekaligus menjadi seorang detektif handal. Mengapa demikian? Ya benar saja,  seorang guru BK yang menghadapi banyak persoalan dari para siswanya terkadang harus rela untuk mencari tau lebih lanjut tentang latar belakang masalahnya,  tak jarang guru BK harus mendatangi rumah siswanya atau juga mendatangi teman-temannya untuk mencari mendapatkan informasi yang dibutuhkan.. 

Demi muridnya... Guru BK rela menjadi detektif untuk menyelidiki perkara, mondar mandir kesana kemari mencari informasi.  Kasihan ya guru BK...  Tugas mereka lebih berat sebenarnya dibanding dengan guru-guru yang lain. betapa tidak... guru BK harus memastikan, membuat muridnya baik-baik saja dan menyelesaikan masalahnya, juga guru BK harus berkoordinasi dengan walikelas untuk membantu siswa yang memiliki masalah belajar. belum lagi tanggung jawab mereka pada prestasi sekolah, guru BK lah yang harus bertanggung jawab dengan prestasi yang diraih oleh sekolahnya.

adanya Detektif (baca: guru BK) di sekolah memiliki fungsi tersendiri, diantaranya:

a) fungsi pemahaman

 yaitu guru Bk berusaha untuk membuat peserta didik paham dan mengerti tentang tugas, potensi diri, dan lingkungan sekitarnya.

b) fungsi preventif

bisa juga disebut dengan fungsi berjaga-jaga. maksudnya melalui fungsi ini guru BK mengantisipasi dan mencegah agar tidak timbul masalah-masalah dikemudian hari yang dilakukan peserta didiknya.

c) fungsi pengembangan

pihak sekolah dan guru BK akan merencanakan dan merundingkan program bimbingan yang dapat mengembangkan kemampuan peserta didknya dan juga mengawasi bagaimana perkembangan peserta didik.

d) fungsi penyembuhan

fungsi ini bertujuan untuk membantu peserta didik untuk menyelesaikan permasalahannya baik itu permasalahan pribadi, sosial atau belajarnya.

e) fungsi penyaluran

melalui kegiatan ekstrakulikuler di sekolah yang akan membantu peserta didik untuk menyalurkan bakat dan minatnya. guru BK biasanya akan membantu mengarahkan dalam pemilihan ektrakulikuler yang tepat sesuai dengan bakat dan minat peserta didiknya.

f) fungsi adaptasi

guru BK membantu pihak sekolah untuk menyesuaikan program pendidikan terhadap latar belakang, minat,kemampuan, dan kebutuhan peserta didik.

g) fungsi penyesuaian

guru BK membantu peserta didik untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya secara konstruktif.

ternyata banyak juga fungsi dari Detektif di sekolah.. baik sekali ya detektif ini...

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2