Mohon tunggu...
Rizky Salma
Rizky Salma Mohon Tunggu... Mahasiswi

Aktif, kreatif, pekerja keras.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Masyarakat Selektif, Kreatif dan Produktif di Masa Pandemi Covid-19

9 Juli 2020   22:53 Diperbarui: 9 Juli 2020   22:41 20 0 0 Mohon Tunggu...

Mahasiswa UNS Surakarta bersama warga Dusun Candibaru RT 03 Desa Setrorejo gotongroyong membangun ketahanan pangan keluarga ditengah pandemi covid-19. Program kerja yang bertema Ketahanan Pangan tersebut dalam rangka KKN UNS di era covid-19 yang dilakukan salah satu mahasiswi Fakultas Pertanian, Rizky Salma, bersama warga Dusun Candibaru RT 03, Desa Setrorejo Kecamatan Baturetno Kabupaten Wonogiri. 

Dibantu oleh Dosen Pendamping Lapangan, Bp. Sutrisno, KKN dilakukan selama 32 hari dengan tujuan untuk mencerdaskan masyarakat dalam menangkal berita hoax dan meminimalisir kepanikan seputar covid-19, serta pelatihan kepada warga agar lebih poduktif dan kreatif selama himbauan WFH (Work From Home).  

Program yang dilaksanakan di Dusun Candibaru RT 03 diikuti dengan partispasi aktif dari warga setempat. Kegiatan tersebut terdiri dari sosialisasi via online melalui Whatsapp Group Warga RT 03 serta sosialisasi Peduli Usia Rentan dengan mendatangi rumah warga yang tergolong dalam usia rentan covid-19 (>65 tahun) dan memiliki keterbatasan dalam akses informasi khususnya seputar pandemi covid-19 ini.

 Ibu rumah tangga turut serta dalam kegiatan Budikdamber (Budidaya Ikan dalam Ember), serta pelatihan pembuatan nugget yang dapat dijadikan usaha rumahan oleh ibu-ibu di Dusun Candibaru RT 03. Program kerja selanjutnya yaitu "Bermain dan Belajar budidaya jahe" yang dilakukan bersama anak-anak Dusun Candibaru RT 03 dengan mengambil waktu ketika mereka tidak sedang belajar (sekolah) dirumah. Kegiatan tersebut menjelaskan bagaimana proses budidaya jahe kepada anak-anak dilanjutkan dengan diskusi dan kuis ringan seputar jahe maupun covid-19. 

Anak-anak terlihat antusias mengikuti dari awal menumbuhkan tunas hingga akhir kegiatan menanam, terlebih ketika membawa polybag berisikan jahe milik mereka serta jahe-jahe yang telah tumbuh tunas lainnya untuk ditanam di rumah. Diluar program kerja, mahasiswa juga membantu program pemerintah Desa Setrorejo salah satunya Gerakan Bhakti Sosial "Desa Lawan Covid-19" yang terdir dari penyemprotan tempat-tempat umum, sosialisasi, dan pembagian alat kebersihan berupa tempat cuci tangan, sabun dan masker kain kepada setiap rumah di Desa Setrorejo.

Kehadiran mahasiswa KKN di lingkunga rumah masing-masing memberikan semangat positif kepada warga khususnya di Dusun Candibaru RT 03 Desa Setrorejo. Masyarakat mampu menyeleksi berita hoax maupun berita yang dapat dipertanggungjawabkan dengan memastikan sumber serta isi berita. Disamping itu beberapa kegiatan yang dibangun bersama masih dapat dilanjutkan, seperti budidaya jahe dan lele yang nantinya akan dipanen bersama.

UNS Surakarta melepas mahasiswanya untuk Kuliah Kerja Nyata (KKN) di lingkungan rumah masing-masing, dengan semangat luhur pengabdian dalam memberikan pemahaman khususnya tentang bahaya covid-19 dari tingkat yang paling kecil, yaitu keluarga di lingkup dusun. UNS Surakarta men-support kegiatan KKN mahasiswa di era covid-19 dengan memberikan dukungan baik secara mental maupun material. Diharapkan langkah-langkah kecil mencerdaskan masyarakat ini mampu membawa perubahan yang besar bagi diri dan negara.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x