Bisnis

Etika dalam Berbisnis "Online"

11 Juli 2018   22:14 Diperbarui: 11 Juli 2018   22:14 355 0 0

Etika merupakan hal yang sangat penting dilakukan dalam sehari-hari terutama dalam berbisnis online. Mengapa pentingmya etika dalam berbisnis online? karena tidak mungkin anda dan konsumen akan bertatap muka secara langsung pada saat bertransaksi, sehingga dalam meyakinkan para konsumen, anda tentunya harus lebih memahami terlebih dahulu mengenai etika ini agar para konsumen senang terhadap pelayanan yang diberikan terhadapnya. 

Tentunta hal ini akan membuat hubungan anda terhadap konsumen menjadi lebih baik. Etika bisnis dapat dijadikan sebagai pedoman untuk anda yang telah menjalankan usaha bisnis. Dengan diterapkannya etika bisnis ini tentulah akan menambah nilai tambah ataupun keuntungan yang didapat dalam jangka waktu yang panjang. 

Selain itu diterapkannya etika bisnis ini juga dapat memberikan motivasi bagi anda yang menjalankan usaha bisnis agar dapat terciptanya keunggulan dalam bersaing. Adapun prinsip-prinsip dalam beretika bisnis adalah:

1. Dengan melakukannya keadilan, keadilan dapat memberikn keseimbangan tanpa memihak siapapun dalam hal tanggungjawab. Dengan berlaku adil dari pelaku bisnis online tentunya akan membuat konsumen menjadi senang dengan tidak menguntungkan siapapun atau merugikan siapapun. 

2. Yaitu melakukannya kejujuran, kejujuran merupakan hal yang penting apalagi dalam melakukan bisnis. Apabila anda jujur dalam mengerjakan sesuatu, tentunya akan memberikan ketenangan bagi anda dan konsumen karena tidak membohohongi atau merugikan pihak lain. Dan juga tidak menipu konsumen. 

3. Amanah, amanah sangatlah penting dalam hal apapun terutama dalam melakukan kegiatan bisnis online. Disini penjual harus memberikan hak yang sesuai dipesan oleh pembeli, tidak mengurangi sedikitpun dari hak pembeli. Dan harus menepati janji sesuai hari yang dipesan dan sesuai antaran barang yang dipesan. 

Peranan dalam beretika bisnis pada online shop itu penting dikarenakan pendorong utama dalam beretika bisnis adalah untuk memajukan suatu perusahaan, dengan tanpa adanya etika pastinya tidak akan maju maupun perkembangan yang diperoleh. 

Dengan adanya etika bisnis konsumen dapat menilai manakah yang benar dan manakah yang salah. Selain itu etika bisnis juga dapat memerikan kenyamanan bagi konsumen. 

Beretika dalam online shop juga dapatnya memaksimalkan keuntungan dari hasil bisnis yang dilakukan dikarenakan kepercayaan konsumen terhadap kita sehingga konsumen tidak ragu lagi terhadap anda dan tentunya konsumen akan menjadi langganan setia anda. Adanya undang-undang ITE dapat mendorong beretika dalam melakukan bisnis online. 

Dengan adanya undang-undang ITE tentunya akan mengurangi kecurangan atau pelanggran yang dilakukan oleh si pebisnis online ini. Adapun pengaruh dalam etika bisnis terhadap bisnis online ini ialah membuat nyaman masyarakat dalam melakukan jual beli. Dapat menghindari kecurangan juga serta akan terjadinya persaingan yang lebih sehat. Dapat pula adanya kerjasama yang baik antara produsan maupun konsumen. 

Jadi kesimpulannya , adanya etika bisnis ini dapat membentuk kenyamanan bagi para konsumen pada saat berbelanja pada situs website. Adapun dalam bisnis online ini haruslah memiliki etika dan memberikan tanggung jawab terhadap konsumennya apabila terjadinya kesalahan. 

Dengan adanya etika bisnis ini dapat membuat para pesaing menjadi bersainng dengan cara yang sehat dan terhindarnya juga tipu menipu terhadap konsumen karena sudah adaanya peraturan perundang-undangnya dalam berbisnis online. 

Adanya diterapkan etika bisnis ini juga produsen dapat menilai apakah si konsumen dapat melakukan hal yang jujur atau tidak di sini kita bisa melihat kejujuran dari sang konsumen.