Mohon tunggu...
Rizky NH
Rizky NH Mohon Tunggu... Guru - GURU PJOK

Physical Education Teacher

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice Passing Bawah Permainan Bola Voli

6 Desember 2022   20:18 Diperbarui: 7 Desember 2022   17:45 1103
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran


Lokasi                                          : SDN 01 Ganten, Kec. Kerjo, Kab. Karanganyar
Lingkup Pendidikan             : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Sekolah Dasar
Tujuan yang ingin dicapai : Peningkatan kemampuan gerak dasar passing bawah bola voli.
Penulis                                        : Rizky Nuriyana Husaini, S.Pd.
Tanggal                                      : 04 Desember 2022

Situasi:
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
Latar Belakang Masalah
Yang menjadi latar belakang
pengambilan masalah ini adalah
belum maksimalnya penerapan model
pembelajaran inovatif yang
dikembangkan oleh pendidik atau
guru yang mengakibatkan kurangnya
pemahaman peserta didik tentang
gerak dasar passing bawah
permaianan bola voli. Sehingga guru
perlu mengembangkan pembelajaran
inovatif dengan menggunakan metode
pembelajaran Problem Based Learning
(PBL). Kurang masksimalnya
penerapan metode pembelajaran ini
dapat dilihat dari kurang
maksimalnya pemunculan sintak –
sintak dalam kegiatan pembelajaran gerak dasar passing bawah dalam
permainan bola voli. Dimana
seharusnya dalam pembelajaran
dengan metode PBL ini terdapat
langkah-langkah yang harus banyak
dimunculkan pada kegiatan
pembelajaran dengan tujuan ketika
langkah-langkah tersebut dapat
dilaksanakan dengan maksimal maka
peserta didik dapat berperan langsung
dalam kegiatan pembelajaran gerak
dasar passing bawah dalam
permainan bola voli. Adapun langkahlangkah
yang harus banyak
dimuculkan andalah sebagai berikut :
1) Orientasi siswa pada masalah.
2) Mengorganisasi siswa untuk
belajar.
3) Membimbing penyelidikan
individu maupunkelompok.
4) Mengembangkan dan menyajikan
hasil.
5) Menganalisis dan
mengavaluasi prosespemecahan
masalah.
Jika seluruh langkah sudah
dilaksanakan dengan maksimal maka
diharapkan peserta didik menjadi
lebih aktif, kreatif dan dilatih untuk
dapat berpikir kritis dalam
memecahkan masalah dalam
pembelajaran gerak dasar passing bawah dalampermainan bola voli.

Tantangan :
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,
Adapun yang menjadi tantangan dalampelaksanaan kegiatan antara lain sebagai berikut:
1. Dari segi peserta Didik
a. Peserta didikyang sering
bosan dalam pembelajaran
kurang inovatif karena pembelajaran.
b. Peserta didik merasa kurang rileks
(canggung) ketika saat melakukan pssing
bawah berpasangan dengan guru.
2. Dari segi sekolah
Belum adanya kegiatan ekstrakurikuler
di sekolah sebagai wadah untuk
menampung bakat dari peserta didik.
3. Dari segi luar sekolah
Terkendala cuaca yang sering hujan
dikarenakan lokasi sekolah kami
berada di pegunungan yang rentan
hujan sehingga banyak waktu yang
tersita.
Kendala – kendala diatas secara
tidak langsung menuntut guru untuk
memaksimalkan penerapkan sintak
pembelajaran PBL serta diperlukan
dukungan dari pihak sekolah sebagai
penyedia sarana serta dari orang tua
sebagai pendukung kegiatan belajar
peserta didik.


Aksi :
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
 Langkah/strategi yang diambil dalam
meghadapi tantangan tersebut antara
lain :
1. Dari segi peserta Didik
1) Menerapkan pembelajaran
inovatif dengan Metode PBL
dengan memanfaatkan TPACK
dalam pembelajaran agar peserta
didik lebih tertarik dan lebih
semangat saat pembelajaran.
2) Terkait peserta didik yang kurang
nyaman saat melakukan passing
bawah dengan guru adalah
dengan memanfaatkan teman
sebaya sebagai pasangan saat
melakukan passing bawah,
sehingga peserta didik lebih
leluasadan nyaman.
2. Dari segi sekolah
1) Berkaitan dengan belum adanya
kegiatan ekstrakurikuer di
sekolah sebagai wadah untuk
menanpung bakat dari peserta
didik yaitu dengan
merencanakan kegiatan
ekstrakurikuler voli semingu
sekali.
 Pihak yang terlibat dalam proses ini
adalah Peserta didik, Kepala Sekolah,
segenap guru serta orang tua dari
peserta didik.
 Sumber daya atau meteri yang
diperlukan berupa bola, lapangan
serta materi tentang passing bawah
yang disampaikan melalui PPT dan video pembelajaran.

Refleksi Hasil dan dampak
Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan?
Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
1. Dampak dari aksi yang telah
dilakukan adalah adanya
peningkatan kemampuan passing
bawah pada peserta didik. Selain itu
motivasi peserta didik dalam
mempelajari passing bawah juga
mulai ada peningkatan.
2. Kegiatan ini dianggap efektif dan
efisien dalam meningkatkan
kemampuan passing bawah pada
peserta didik.
3. Respon dari orang tua atau wali
peserta didik sangat mendukung
kegiatan ini karena dapat membantu
meningkatkan prestasi peserta didik.
4. Faktor penunjang keberhasilan
kegiatan yaitu dukungan dari semua
pihak mulai dari Kepala Sekolah,
Guru serta orang tua, selain itu
adanya semngat yang mulai tumbuh
dari peserta didik juga sangat
menunjang keberhasilan kegiatan ini.
5. Faktor penghambat keberhasilan
pada kegiatan ini adalah cuaca yang
tidak menentu sehingga kegiatan
sering dibatalkan karena hujan dan
keterbatasan sarana yang ada di
sekolah.
6. Pembelajaran yang dapat diambil dari
keseluruhan kegiatan ini adalah
dalam kegiatan peningkatan gerak dasar passing bawah dalam
permainan bola voli adalah guru
berusaha memaksimalkan langkahlangkah
dalam metode pembalajaran
Problem Based Learning (PBL)
sehingga tujuan pembelajaran dapat
tercapai yaitu Peningkatkan Gerak
Dasar Passing Bawah Permainan Bola
Voli Dengan Metode Problem Based
Learning (PBL) Melalui Tutor Teman
Sebaya Pada Siswa Kelas V SDN 01
Ganten, Kec. Kerjo, Kab.
Karanganyar

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun