Mohon tunggu...
Rizky MaulanaF
Rizky MaulanaF Mohon Tunggu... Intro--faith

Penggemar berat kesunyian

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Manfaat Membaca Buku, Salah Satunya sebagai Pondasi Ilmu Sastra

15 Mei 2021   17:29 Diperbarui: 22 Mei 2021   17:20 122 5 2 Mohon Tunggu...

"Malu bertanya tersesat dijalan. Malas membaca tersesat di pikiran."

Kalimat diatas agak 'kejam' untuk mengawali sebuah artikel dan tidak apa-apa, karena kita sedang hidup di zaman 'Langsung berkomentar sebelum membaca.' Bahkan untuk membaca artikel ini sampai tuntas saja mungkin agak sulit dilakukan.

Banyak orang mengeluh kesulitan berkonsentrasi saat membaca buku. Dan cara terekstrem agar fokus ketika membaca buku cukup sederhana, namun sulit dilakukan; yaitu, NONAKTIFKAN PONSEL. Atau paling tidak Mode Pesawat.  Semua orang pasti punya minat membaca buku, tapi tidak semua orang rela berpisah sebentar dari smartphone dan kebisingan media sosial. (notifikasi smartphone adalah gangguan utama).

Membaca juga bisa dilakukan lewat perangkat elektronik seperti gawai. Tetapi sinar radiasi dari gawai tersebut dapat memberikan efek negatif pada mata, mental dan otak. Buku adalah hiburan murah dan sehat. Selain pengetahuan dan wawasan yang ditawarkan, buku juga banyak memberikan manfaat lain.

1. Kesehatan otak

Membaca buku memang aktivitas kuno tapi bisa membantu menjaga otak agar terus baru. Ini karena disaat membaca buku, otak mendapatkan rangsangan sehingga kinerjanya menjadi lebih baik. Mental yang turut stabil, membuat pembacanya juga bisa terhindar dari penyakit yang menyerang otak, seperti Alzheimer.

2.  Menghambat pikun

Ketika membaca buku otak akan dipaksa mengingat segala peristiwa, tempat, waktu, tokoh atau kalimat yang disebutkan dalam sebuah cerita. Dengan begitu, kualitas dan fungsi otak akan mengalami peningkatan secara alami dan memperkuat daya ingat.

3. Meningkatkan Empati

Empati adalah kemampuan seseorang memahami perasaan orang lain. Biasanya dengan membaca buku fiksi, seperti novel yang dipenuhi dengan berbagai tokoh karakter, kita disajikan dengan sudut pandang yang beragam dari berbagai karakter tadi. Wawasan kita terhadap perasaan orang lain pun akan semakin bertambah dan bisa mengasah empati kita untuk hubungan sosial di dunia nyata.

4. Mengurangi Stres

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN