Mohon tunggu...
Rizky Aditya Pratama
Rizky Aditya Pratama Mohon Tunggu... Mahasiswa FISIP UHAMKA

Seseorang yang sedang menempuh jalannya kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pengaruh Media Massa terhadap Kehidupan Sehari-hari Masyarakat, Apa Saja?

29 Januari 2021   23:24 Diperbarui: 30 Januari 2021   19:40 930 1 0 Mohon Tunggu...

Media Massa saat ini mengambil peranan yang sangat besar dan memiliki pengaruh yang sangat kuat dan menjadikan media massa sebagai pusat perhatian publik untuk mengetahui dan mencari berbagai informasi, menyebarkan informasi dan menambah pengetahuan. Sumber informasi yang dijadikan sebagai bahan pemberitaan oleh media massa juga berasal dari masyarakat itu sendiri, baik dari golongan masyarakat yang memiliki basis politik hingga kepada rakyat jelata. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), media adalah alat sarana komunikasi seperti koran, majalah, radio, televisi, film, poster, dan spanduk yang terletak di antara dua pihak orang, golongan, dan sebagainya dan memiliki fungsi sebagai perantara atau penghubung. Sedangkan massa adalah jumlah yang banyak sekali atau merupakan sekumpulan orang yang banyak sekali. Media massa menurut KBBI adalah sarana dan saluran resmi sebagai alat komunikasi untuk menyebarkan berita dan pesan kepada masyarakat luas diberbagai wilayah.

Dalam Penyampaiannya, Media massa tidak hanya disebarluaskan melalui media cetak seperti koran atau surat kabar, tabloid, majalah, buku, newsletter, buletin saja, tetapi ada juga dengan menggunakan bantuan teknologi yaitu media elektronik seperti radio, televisi, handphone atau media elektronik lainnya. Dan ada media jaringan internet, yang dimana media dalam jaringan merupakan sebuah media massa yang memanfaatkan kekuatan jaringan Internet sebagai media komunikasi dalam penyebarannya, seperti sosial media, surat kabar online, streaming video dan lain sebagainya.

Terlepas perannya sebagai media informasi, media massa juga berperan sebagai bidang pendidikan. Sistem komunikasi massa di Indonesia menuntut untuk selalu memberitakan segala jenis berita yang memuat informasi terpercaya, aktual dan terbaru sehingga mendidik masyarakat menjadi lebih baik lagi. Tidak hanya berhenti pada pendidikan saja, banyak peran yang dimiliki media massa terhadap konsumen yang tak lain masyarakat itu sendiri,yaitu sebagai mediator, pengawasan, pengembangan kebudayaan, sarana hiburan, serta promosi.

Dengan perkembangan media massa yang dibilang sangat pesat, tentu saja akan mempengaruhi keseharian kehidupan masyarakat saat ini. Ada beberapa bentuk pengaruh dari media massa terhadap masyarakat, yaitu:

  1. Media Massa dapat membentuk keberagaman di tengah masyarakat. Hal ini terjadi akibat pemeberitaan yang dilakukan secara berkelanjutan yang sehingga dapat menyebabkan seseorang berubah pandangan dalam hal penilaian, pikiran, tindakan dan kesehariannya. Keberagaman disini termasuk dalam hal yang positif, selama masyarakat itu memiliki kedewasaan untuk menghadapi perbedaan pemikiran dengan bijaksana, dan begitu pula dengan media massa juga menyampaikan nilai-nilai tersebut.
  2. Media massa mempengaruhi kehidupan masyarakat dalam bentuk menyediakan informasi-informasi penting untuk kehidupan keseharian mereka. Misalnya seperti informasi yang berkaitan dengan karir seseorang dengan merujuk kepada profesi tertentu. Dengan kecakupan media massa dalam kehidupan pribadi masyarakat yang semakin mendalam pada seseorang, maka kebutuhan akan informasi juga akan tinggi. Hal ini membuat media massa menjadi suatu hal yang sangat diperlukan oleh masyarakat modern.
  3. Media massa mempengaruhi kebudayaan masyarakat. Media massa dapat menjadi salah satu alat untuk melakukan perubahan budaya di tengah masyarakat. Sebagai contohnya perubahan konsumsi jenis makanan dan minuman yang mengikuti budaya barat, seperti makanan cepat saji atau bisa disebut juga dengan fast food dan minuman-minuman bersodaPembentukan kebudayaan tentu dapat bernilai negatif ataupun positifsehingga daripada menolak atau menghentikan media massa karena khawatir kebudayaan lama akan hilang secara perlahan, lebih baik menanamkan pada masyarakat akan arti penting budaya lokal yang penuh kearifan.
  4. Media massa dapat mempengaruhi keinginan atau kebutuhan yang muncul pada diri personal tertentu. Terjadinya keadaan tersebut dikarenakan media massa secara berkelanjutan menampilkan produk atau kebutuhan-kebutuhan tertentu dengan upaya untuk membuat pembaca, pendengar, atau pemirsa yang menyaksikannya terpengaruh untuk ikut meyakini bahwa mereka membutuhkan hal tersebut untuk kehidupan sehari-hari mereka. Misal, keluaran alat pembersih debu dengan desain yang baru dan menarik, dengan menampilkan semua fitur, kelebihannya membuat pembaca, pendengar, atau pemirsa merasa membutuhkan sebuah alat pembersih debu tersebut, padahal di rumah sudah ada alat pembersih debu dengan fungsi dan fitur yang sama. Hal ini bisa dilihat dari bentuk pengiklanan yang intens pada media.

Itulah beberapa pengaruh terhadap kehidupan masyarakat sehari-hari. semoga dengan membaca dan menyimak artikel ini anda akan lebih teliti dan waspada, serta lebih hati-hati dalam menerima suatu fakta akan berita dan hiburan yang ditampilkan oleh berbagai media massa.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x