Mohon tunggu...
Rizky Abadi
Rizky Abadi Mohon Tunggu... Mahasiswa STIAMAK BARUNAWATI

Tetap Putus Asa dan Jangan semangatūüö≠

Selanjutnya

Tutup

Bola

Suporter Sepak Bola

18 Oktober 2020   10:58 Diperbarui: 18 Oktober 2020   13:32 60 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Suporter Sepak Bola
FINAL liga 2 2017 @stadion bandung lautan api-KOTA BANDUNG

Supporter bola adalah kumpulan  orang orang yang memberikan dukungan atau sokongan terhadap klub bola yang mereka dukung.Dalam dunia olahraga sepak bola, supporter adalah pemain ke 12, ada yang bilang juga supporter adalah bagian nyawa dari klub itu.

Tapi  dalam negara kita Indonesia supporter bola sangat melekat dengan fanatisme-nya, yang terkadang melakukan hal-hal "NEGATIF" yang bisa merugikan diri kita sendiri, orang lain dan tentunya klub bola yang mereka dukung.

Sepak bola mungkin olahraga yang sangat banyak digemari di negara kita Indonesia.dari semua kalangan dari yang tua sampai anak-anak sangat menyukai sepak bola terutama anak remaja. Sampai populernya olahraga ini di negara kita suatu klub sepak bola bisa dibilang sebagai identitas kota kota yang ada di Indonesia.

Dalam perkembangan zaman fanatisme seorang supporter yang dulu terkenal sering terjadinya kerusuhan antar supporter klub bola sudah mulai berubah dan bebenah menjadi lebih baik seperti silahturahmi antar supporter waktu pertandingan di kandang lawan kalau Bahasa supporternya "AWAY DAY" mendukung klub bola dikota lawan. tapi tidak semuanya supporter bias berdamai dengan mudah, masih ada antar supporter yang masih mempunyai rivalitas tinggi, apalagi kalau  2 klub itu bertemu.

Intensitas pertandingan dilpangangan pun terkadang ikut memanas yang menyebabkan kericuhan antar pemain dilapangan dan merambat kericuhan antar supporter. tetapi adanya peraturan dari PSSI klub-klub yang masih mempunyai rivalitas tinggi terkadang tidak boleh dihadiri supporter tamu atau pertandingan di laksanakan di tempat netral tanpa penonton. contoh klub yang masih mempunya rivalitas tinggi  persebaya, arema, persib,persija, dan klub-klub yang disebut tadi adalah 4 kota dengan basis supporter terbesar di Indonesia.

Dalam dunia supporter dizaman sekarang sudah banyak supporter-supporter bola yang terorganisasi dan terkordinir dan itu sangat positif. Menurut "Fajar Junaedi" dalam bukunya BONEK:Komunitas Suporter Pertama dan Terbesar di Indonesia, sepak bola adalah olahraga yang berwatak sosialis. Sepak bola banyak mengajarkan banyak beberapa hal salah satunya menyetarakan sosial.Dalam sejarah dan berkembangnya waktu, Bondo Nekat "BONEK" menjadi sebuah trend dikalangan anak muda Surabaya.  

Istilah bonek muncul secara tiba-tiba, nama besarnya pun ada karena media massa. .Antusias tak hanya dari kota Surabaya, namun dari kota-kota besar di Jatim. Begitu antusiasnya Jawa Pos sampai dalam head line news tertulis "Hijaukan senayan" dan sambutan masyarakat Surabaya dan Jatim pun luar biasa. Dari sini lah BONEK supporter PERSEBAYA SURABAYA menjadi barometer supporter-supporter lain untuk terorganisasi, mendukung klub bola di kota lain (AWAY DAY). 

Contoh seperti pertandingan BALI UNITED VS PERSEBAYA SURABAYA 2018 waktu itu persebaya Surabaya harus berlaga tandang ke pulau dewata untuk melanjutkan liga 1 2018 putaran ke 2.Dan tentunya BONEK yang dikenal dengan supporter fanatik dan militannya langsung tergerak dan mengkordinir seluruh anggota yang ada didalam organisasi tribun seperti "GREEN NORD, TRIBUN TIMUR, TRIBUN KIDUL, DAN GATE 21" .untuk menjadwalkan keberangkatan ke pulau dewata sekitar 5000 orang dengan biaya yang sudah dispekulasi oleh para anggota dengan harga Rp.550,000/org dengan fasilitas:

  • ¬†perjalanan PP 4 hari 3malam
  • bus full ac dan music .
  • makan sehari 3x.
  • penginapan hotel 1 hari.
  • tiket pertandingan bola.
  • tempat wisata pantai kuta.

@stadion KAPTEN I WAYAN DIPTA-GIANYAR BALI.
@stadion KAPTEN I WAYAN DIPTA-GIANYAR BALI.

Foto dan Do'a Bersama sebelum keberangkatan.
Foto dan Do'a Bersama sebelum keberangkatan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN