Mohon tunggu...
Rizky YanuarWulandari
Rizky YanuarWulandari Mohon Tunggu... Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Rizky Yanuar Wulandari Prodi Gizi semester 3

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Awal Mula Berdirinya Unusa dan Segudang Prestasinya

25 Januari 2021   10:43 Diperbarui: 25 Januari 2021   11:00 41 0 0 Mohon Tunggu...

Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya atau kerap disingkat dengan UNUSA didirikan oleh Yayasan Rumah Sakit Islam Surabaya (Yarsis). Asal Usul UNUSA dimulai dengan adanya sekolah perawat kesehatan (SPK) pada tahun 1979, bertempat di jl.SMEA no.51-57 Surabaya. Kemudian pada tahun 1985, SPK berkembang menjadi Akademi Keperawatan yang di sah-kan berdasarkan SK Menteri Kesehatan RI. 

Dari itu semua, Akademi Keperawatan terus berkembang menjadi sekolah yang terus melakukan kemajuan, karena prestasinya sehingga bisa menyakinkan kepada semua orang bahwa Akademi Keperawatan bisa mencetak generasi muda yang maju maka pada tahun 1997, SPK melakukan konversi menjadi Akademi kebidanan berdasarkan SK Menteri Kesehatan RI no. HK.00.06.11.4080 tanggal 7 Desember 1997. Sehingga kedua akademi ini bergabung menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Yayasan RS Islam Surabaya (STIKES YARSIS) dengan membuka 3 prodi diploma dan strata.

Pada tahun 2011 ada penambahan profesi untuk prodi keperawatan. Karena setiap tahunnya memiliki kemajuan yang sangat pesat, maka Akademi ini mengalami pembangunan baik di akademi maupun non akademi sehingga pada tanggal 2 Juli 2013 akademi tersebut berubah bentuk menjadi Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya dengan memiliki 6 fakultas dan 14 program studi. Dalam perjalannya UNUSA terus memiliki prestasi yang tidak kalah penting dengan universitas lainnya. Terus mengalami peningkatan rangking di tingkat nasional maupun internasional.

Unusa terus berusaha mencetak generasi muda yang memiliki sifat dan sikap yang baik dengan harapan bisa memajukan bangsa dan negaranya sendiri. UNUSA dilandaskan dengan pelajaran islami yang tetap menjadi prinsip dasar pembelajaran agar bisa mencetak generasi muda Rahmatan Lil Alamin. Kegiatan di kampus ini selalu membuktikan bahwa kami bisa menjadi orang yang berguna bagi diri sendiri maupun orang lain. Mahasiswa dan warga kampus terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat luas guna bertujuan agar masyarakat mengerti apa arti kesehatannya dan bagaimana mencegah sebelum mengobati. 

Selain itu, lomba lomba yang diikuti oleh mahasiswa unusa juga mendapatkan banyak prestasi. Karena memang visi dan misi dari UNUSA sendiri yaitu menjadikan fakultas kesehatan yang unggul, profesional, berjiwa wirausaha, dan berkarakter islami. 

VIDEO PILIHAN