Dalam kehidupan mulai dari manusia itu bayi hingga dewasa bahkan sampai akhir hayat , manusia tidak pernah terlepas dari rasa ingin tahu dan proses untuk mencari tahu dari rasa keingin tahuannya manusia , disebut aktivitas belajar atau kegiatan belajar .Â
Aktivitas belajar yang dilakukan oleh seseorang baik sebagai individu atau dari suatu kelompok baik itu secara formal maupun informal, pada hakekatnya itu adalah disebut kegiatan belajar . Hal ini berarti bahwa belajar tidak pernah dibatasi oleh usia , tempat maupun waktu .
Definisi belajar
Menurut Vygotsky (1978 : Â 134 ) mengartikan bahwa belajar adalah suatu kegiatan konstruktivisme dimana siswa merupakan subjek belajar aktif yang menciptakan struktur-struktur kognitifnya sendiri dalam interaksinya dengan lingkungan.Â
Dalam pembelajaran konstruktivis , kreativitas dan keaktifan siswa akan membantu dalam membentuk struktur kognitifnya .
Kemudian menurut James L . Mursell (Sagala , 2012: Â 13) yang menyatakan bahwa belajar adalah upaya yang dilakukan dengan mengalami sendiri , menjelajahi menelusuri dan memperoleh sendiri .
Atas dasar dasar teori belajar menurut ahli  diatas , maka dapat disimpulkan bahwa belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat.Â
Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon . Seseorang di anggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukkan perubahan perilaku , pemikiran dan pandangan hidup dari orang yang sudah menjalani proses belajar tersebut .
Definisi Pembelajaran
Menurut Munandar (dalam Suyono dan Hariyanto, 2011:207) yang menyatakan bahwa pembelajaran dikondisikan agar mampu mendorong kreativitas anak secara keseluruhan , membuat peserta didik aktif , mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan berlangsung dalam kondisi menyenangkan .
Kemudian menurut Winataputra (2007: 1) yang menyatakan bahwa arti pembelajaran adalah kegiatan yang dilakukan untuk menginisiasi , memfasilitasi dan meningkatkan intensitas dan kualitas belajar pada diri peserta didik .