Mohon tunggu...
rizki surya
rizki surya Mohon Tunggu... menulis dan bercerita

mengalami melihat menceritakan

Selanjutnya

Tutup

Transportasi

Infrastruktur Sungai Penunjang Pariwisata

24 Februari 2020   16:27 Diperbarui: 24 Februari 2020   16:39 53 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Infrastruktur Sungai Penunjang Pariwisata
berau.prokal.co

Bila sebelumnya dermaga speedboat di Tanjung Redeb, Kabupaten Berau belumlah memiliki standar keamanan dan keselamatan yang cukup, maka Dermaga Sanggam yang dibangun di bekas pasar Gayam menjadi jawabannya. Peresmian Dermaga Sanggam pada 2019 lalu menjadi babak baru dalam pengelolaan pariwisata di Berau. Kabupaten Berau sendiri dikenal sebagai kabupaten dengan wisata alam bahari yang memikat diantaranya Labuan Cermin, Pulau Maratua, Pulau Sangalaki di Kepulauan Derawan. Dengan diresmikannya Dermaga Sanggam, maka turis dapat menuju Tanjung Batu atau pelabuhan terdepan menuju Derawan dengan speedboat dari Tanjung Redeb, ibukota Berau.

Bupati Berau H. Muharram menekankan bahwa pembangunan Dermaga Sanggam selain untuk kenyamanan dan keamanan turis juga untuk meningkatkan PAD atau pendapatan asli daerah dari sektor pariwisata. Diketahui bahwa pembangunan prasarana infrastruktur menjadi fokus program Bupati Berau H. Muharram. Selain membangun Dermaga Sanggam, pemerintah Kabupaten Berau juga tengah merancang pembangunan Jalan Tol Mantartip-Singkuang-Bandara, dan juga jalan poros pesisir.

Di samping itu, pembangunan jaringan listrik dengan program BTB atau Berau Terang Bersama juga tengah diupayakan sehingga tidak ada lagi wilayah Berau yang mati listrik tahun 2021. Keseluruhan pembangunan prasarana dan infrastruktur tersebut baik dermaga, jalan tol, jalan poros hingga jaringan listrik adalah usaha untuk menunjang ekonomi pariwisata di Berau. 

Selain bermanfaat bagi sektor pariwisata, pembangunan infrastruktur tersebut tidak lain adalah upaya untuk memenuhi kebutuhan dasar warga masyarakat Berau. Sehingga apabila keseluruhan proyek tersebut selesai maka tidak hanya turis yang dapat menikmati manfaatnya namun juga seluruh warga masyarakat Berau tanpa terkecuali.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x