Mohon tunggu...
rizki surya
rizki surya Mohon Tunggu... menulis dan bercerita

mengalami melihat menceritakan

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Program Pendidikan Sang Bupati yang Mantan Guru

16 Februari 2020   19:22 Diperbarui: 16 Februari 2020   19:32 60 0 0 Mohon Tunggu...

Pendidikan di Indonesia terus menjadi fokus dari negara. Selain amanat konstitusi, sektor pendidikan adalah upaya negara untuk menyiapkan generasi penerus. Telah banyak program pendidikan kemudian dijalankan baik oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Pemerintah pusat misalnya memilki program Kartu Indonesia Pintar, dimana siswa SD s.d. SMA diberikan dana bantuan pendidikan yang besarannya disesuaikan dengan tingkat pendidikan. 

Di tingkat pemerintah daerah terdapa Kabupaten Berau, Kalimantan Timur yang memiliki program pendidikan yang menyeluruh mulai dari kesejahteraan guru hingga bantuan pada siswa. Kabupaten Berau adalah salah satu kabupaten terbesar di Kalimantan Timur, Bupati Berau H. Muharram yang merupakan mantan guru matematika di SMAN 1 memiliki beberapa program unggulan terkait pendidikan berikut diantaranya:

1. Program Beasiswa Berau Gemilang

Program ini adalah bantuan dan dari pemerintah Kabupaten Berau bagi siswa tidak mampu ataupun bagi yang berprestasi. Disediakan beasiswa sebanyak 900 beasiswa bagi siswa SMA/SMK/MA dengan besaran beasiswa Rp2.000.000/tahun, adapun bagi mahasiswa besaran beasiswa yang diberikan ialah Rp3.000.000/tahun, beasiswa ini diperuntukan bagi mahasiswa D2/D3/D4/S1 yang tengah menempuh kuliah di dalam ataupun di luar Berau, pemerintah kabupaten Berau sendiri menyediakan 900 beasiswa bagi mahasiswa.

2. Penyetaraan Gaji Guru Honorer

Program ini adalah bentuk kepedulian dari pemerintah kabupaten Berau bagi tenaga pendidik, khususnya guru honorer dan PTT. Pada tahun 2019, pemerintah Kabupaten Berau menyetarakan gaji bagi guru honorer tanpa mengenal jenjang pendidikan terakhir, adapun gaji guru honorer juga disetarakan dengan gaji guru PTT.

Kedua program tersebut sedikit banyak memberikan pandangan kepada kita, bagaimana mantan guru yang kini menjadi Bupati memiliki empati dan kepedulian yang tinggi terhadap dunia pendidikan. Agaknya pengalaman menjadi tenaga pendidikan menjadikan Bupati Berau H. Muharram berpihak pada keadilan di dalam dunia pendidikan.

VIDEO PILIHAN