Mohon tunggu...
rizki surya
rizki surya Mohon Tunggu... menulis dan bercerita

mengalami melihat menceritakan

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Adipura Perdana Berau

5 Februari 2020   15:57 Diperbarui: 5 Februari 2020   16:07 37 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Adipura Perdana Berau
kaltim.tribunnews.com

Piala Adipura adalah piala tertinggi yang dapat diraih oleh pemerintah daerah di bidang kebersihan. Piala yang menjadi ajang bergengsi antar pemerintah daerah ini diselenggarkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Dengan piala adipura maka daerah Kabupaten/Kota di Indonesia berlomba-lomba bersolek untuk meningkatkan kebersihan dan keindahan wilayahnya.

Pada tahun 2018, Kabupaten Berau, berhasil meraih piala adipura perdananya. Kategori adipura yang berhasil didapatkan Kabupaten Berau, ialah kota kecil. Kabupaten Berau adalah satu-satunya kabupaten di Kalimantan Timur yang berhasil meraih piala ini. Raihan ini menjadi hadiah yang istimewa mengingat kerja keras Kabupaten Berau dalam meningkatkan dan menjaga kebersihan. Salah satu bentuk dari kerja keras ini ialah pembangunan TPA yang memiliki pengolahan kompos, pembentukan petugas kebersihan baik pasukan kuning dan hijau, serta peningkatan anggaran di bidang kebersihan.

Bupati Berau, H. Muharram yang menerima langsung penghargaan dari Wakil Presiden Jusuf Kalla, dengan rendah hati mengatakan bila raihan adipura ini ialah buah dari kerja sama seluruh pihak. Tidak hanya pemerintah Kabupaten beserta jajaran OPD, namun juga DPRD Berau, serta masyarakat Berau. H. Muharram sendiri menginginkan agar piala adipura perdana ini tidak menjadikan Kabupaten Berau terlena, namun semakin memacu semangat untuk tetap meningkatkan kebersihan dan keindahan daerah serta mempertahankan Piala Adipura.

Apresiasi yang tinggi tenntu harus diberikan kepada Bupati Berau H. Muharram, selain memecahkan rekor baru dengan meraih adipura yang perdana, hasil dari fokus kerja untuk meningkatkan kebersihan dan keindahan kota terlihat dengan nyata. Sudah menjadi kewajiban seluruh warga Berau kemudian, untuk tetap menjaga kebersihan dan keindahan. Tujuannya, selain untuk mempertahankan gelar piala adipura, juga untuk meningkatkan kualitas hidup sehat dan lingkungan yang bersih.

VIDEO PILIHAN