Mohon tunggu...
Muhamad Rizki Artanto
Muhamad Rizki Artanto Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Sosiologi UNJ

Mahasiswa Sosiologi UNJ

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Program Bantuan Kuota Belajar Kemendikbud selama Pembelajaran Jarak Jauh

28 Oktober 2021   19:01 Diperbarui: 28 Oktober 2021   19:18 189 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pendidikan Adalah Segala Pengalaman belajar yang berlangsung dalam segala lingkungan dan sepanjang hidup. pendidikan adalah segala situasi hidup yang mempengaruhi pertumbuhan hidup , pendidikan dalam arti luas ini artinya segala kegiatan ataupun pengalaman dalam kehidupan kita sehari-hari yang mampu memberikan pengaruh , perubahan dan pertumbuhan bagi kehidupan kita. 

Pendidkan seperti berupa kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari misalnya membuat lemari baju yangpada awalnya kita tidak bisa membuatnya tapi dengan pengalaman kerja keras kita ingin membuat lemari baju ini dengan terus-menerus sehingga membuat kita bisa.

Pendidikan merupakan faktor utama yang akan menentukan pengetahuan dan keterampilan yang akan kamu kuasai. Tidak hanya itu saja, berbekal pendidikan yang baik, kamu juga bisa berpeluang untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dan kehidupan yang lebih mapan.

Dalam KBBI( Kamus Besar Bahasa Indonesia) kata pembelajaran bermuara dari kata" didik" serta diberikan imbuhan pe- an. Oleh sebab itu, kata ini mempunyai makna metode ataupun perbuatan buat mendidik. 

Secara bahasa definisi pembelajaran yakni proses pengubahan perilaku serta tata laku seorang ataupun kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia lewat upaya pengajaran serta pelatihan; proses, metode, perbuatan mendidik( KBBI, 2016). 

Penafsiran pembelajaran pula mempunyai definisi secara yuridis dalam Undang- Undang No 20 Tahun 2003 tentang sistem pembelajaran nasional( sisdiknas) yang mengatakan kalau:" pembelajaran merupakan usaha sadar serta terencana buat mewujudkan atmosfer belajar serta proses pendidikan supaya partisipan didik secara aktif meningkatkan kemampuan dirinya buat mempunyai kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, karakter, kecerdasan, akhlak mulia, dan keahlian yang diperlukan untuk dirinya, warga, serta bangsa".

Saat ini Pandemi Covid-19 telah menyebabkan  banyaknya aktivitas dalam kehidupan tertunda atau terhenti. pandemi  adalah epidemi yang terjado pada skala yang melintasi batas internasional ,biasanya mempengaruhi orang-orang dalam skala dunia suatu penyakit atau kondisi bukanlah pandemi semata karena tersebar luas dan membunuh banyak orang, itu juga harus menular . sebagai contoh, kanker bertanggung jawab atas banyak kematian tetapi tidak dianggap sebagai pandemi karena penyakit ini tidak menular atau menular.  

Pada zaman dahulu , apabila pandemi seperti ini terjadi, maka semua kegiatan baik sekolah, perkuliahan ,atau aktivitas lainnya yang diliburkan. 

Namun pada saat ini , segala sesuatu dapat dilakukan dengan internet, mulai dari berbelanja, menonton acara hiburan, mendengarkan musik , dan seterusnya. untuk mensiasati himbauan untuk tetap di rumah, kampus pun melakukan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh ), agar kegiatan agar kegiatan perkuliahan tetap berjalan dengan lancar tanpa hambatan. 

Pendidikan jarak jauh atau pembelajaran jarak jauh adalah pendidikan yang dimana para murid mungkin tidak selalu hadir secara fisik di sekolah.  Di masa lalu, ini biasanya melibatkan kursus korespondensi di mana siswa berkorespondensi dengan sekolah melalui pos.  Pada masa kini, pendidikan jarak jauh dilaksanakan melalui dalam jaringan (daring).

Pandemi yang sedang berlangsung ini menyebabkan sektor perekonomian menjadi melemah dan tidak seimbang memiliki dampak pada proses pembelajaran yang dilakukan karena baik semua orang tua maupun guru. Mereka pasti harus mengeluarkan dana lebih untuk menambah pengeluaran. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan