Mohon tunggu...
Rizfa Badriyah Zulkarnain
Rizfa Badriyah Zulkarnain Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Sastra Inggris Angkatan 2018, Universitas Diponegoro

Mahasiswa Sastra Inggris Angkatan 2018, Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa KKN Undip Melakukan Sosialisasi Vaksinasi di Perumahan Griya Sekar Asri Depok

1 Agustus 2021   13:00 Diperbarui: 1 Agustus 2021   13:24 80 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN Undip Melakukan Sosialisasi Vaksinasi di Perumahan Griya Sekar Asri Depok
Pembuatan Booklet Online 

Depok (1/8/2021) -- Meningkatnya angka positif COVID-19 akhir-akhir ini menjadi sebuah kekhawatiran yang berdampak pada masyarakat Indonesia. Mulai dari dampak ekonomi hingga kesehatan dialami semuanya, bahkan pemerintah pun telah memberlakukan PPKM (Perberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) guna menekan angka positif COVID-19 di Indonesia. Salah satu alasan kenapa angka positif COVID-19 sangat tinggi adalah karena masyarakat Indonesia yang kebanyakan belum mendapatkan vaksinasi COVID-19. Padahal Vaksin COVID-19 sudah tersedia dari bulan Maret tahun 2021 dan sudah lolo uji klinis. Namun, ternyata banyak warga Indonesia yang belum percaya dengan keefektivitas vaksin dan bahkan berpendapat bahwa vaksin semata-mata hanyalah kedok pemerintah untuk memanfaatkan masyarakatnya. 

Program KKN Pulang Kampung yang dilaksanakan oleh salah satu mahasiswa Sastra Inggris Universitas Diponegoro, Rizfa Badriyah Zulkarnain, mengangkat tema Vaksinasi COVID-19 karena hasil dari survei online yang dilakukan menunjukkan bahwa lebih dari 80% warga di lokasi KKNnya belum mendapatkan vaksin. Hal ini membuatnya memilih program sosialisasi vaksinasi COVID-19 sebagai program keduanya di KKN Pulang Kampung kali ini, yang berlokasi di Perumahan Griya Sekar Asri RT 005 RW 002, Kel. Cilangkap, Kec. Tapos, Kota Depok, Jawa Barat.

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa Herd Immunity harus segera tercapai di Indonesia dan hal ini membutuhkan 60% sampai 70% warga Indonesia untuk divaksinasi.  Vaksin jugalah penting untuk melindungi diri dan keluarga sendiri dari terpaparnya COVID-19. Program sosialisasi ini Rizfa laksanakan dengan harapan bahwa warga Perumahan Griya Sekar Asri dapat berinisiatif untuk mendapatkan vaksinasi di lokasi vaksinasi terdekat.

Program kedua ini dilaksanakan secara online dikarenakan kasus positif COVID-19 yang sedang meningkat di daerah lokasi KKN mahasiswa. Target dari program ini adalah warga Perumahan Griya Sekar Asri yang sudah berkualifikasi untuk mendapatkan vaksin COVID-19. Program ini dilaksanakan selama 3 minggu dari tanggal 12 Juli sampai 30 Juli 2021.

Pada minggu pertama, mahasiswa membuat dan menyebarkan Booklet Online yang berisikan informasi tentang cara kerja vaksin, jenis-jenis vaksin COVID-19 di Indonesia, efek samping vaksin, serta tips untuk sebelum dan sesudah vaksinasi.

Penyebaran Booklet Online di WhatsApp Group Perumahan Griya Sekar Asri 
Penyebaran Booklet Online di WhatsApp Group Perumahan Griya Sekar Asri 

Pada minggu kedua, mahasiswa membuat dan menyebarkan poster PPKM dan Double Masking untuk mengingatkan kembali kepada warga Perumahan Griya Sekar Asri bahwa pemerintah telah memberlakukan PPKM dan menyarankan untuk memakai Double Mask. Poster PPKM berisikan peringatan bahwa pemerintah telah memberlakukan PPKM di pulau Jawa dan Bali. Poster tersebut juga berisi gejala-gejala serta peringatan seputar COVID-19. Sementara poster Double Mask berisi intruksi cara menggunakan Double Mask dengan benar, termasuk apa yang harus dilakukan serta yang tidak boleh dilakukan. 

tangkapan layar
tangkapan layar

Penyebaran Poster PPKM dan Double Masking di WhatsApp Group Perumahan Griya Sekar Asri 
Penyebaran Poster PPKM dan Double Masking di WhatsApp Group Perumahan Griya Sekar Asri 

Pada minggu ketiga, mahasiswa kembali membuat dan menyebarkan poster vaksinasi guna mengajak warga untuk segera vaksinasi. Poster pertama berisikan seruan ajakan kepada warga Perumahan Griya Sekar Asri yang berusia 12 tahun keatas untuk segera mendapatkan vaksinasi COVID-19 di lokasi vaksinasi terdekat. Sementara poster kedua berisikan informasi tentang 4 manfaat penting vaksinasi COVID-19 yang diharapkan dapat meyakinkan target program KKN untuk mendapatkan vaksinasi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x