Mohon tunggu...
RIZA UMMAMI
RIZA UMMAMI Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Terkadang kita lupa, kalau kita begitu berharga

Yang tidak terdeskripsikan

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Kata Siapa Multitasking Itu Hebat?

30 November 2019   18:39 Diperbarui: 30 November 2019   18:49 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Hallo semuanya, aku itu suka banget multitasking contoh sepe aja nih, misalnya aku lagi buka laptop, semua pekerjaan yang berhubungan dengan laptop pasti aku kerjain, misalnya sambil buka media sosial, sambil buka channel youtube, karena menurut aku ya sekalian aja hehe mumpung sedang buka laptop gitu. 

Begitu juga kalo lagi hari libur dan aku suka banget bantuin mama untuk melakukan pekerjaan rumah, kalo misalnya lagi bantuin masak sambil nunggu masakannya sedikit matang pasti aku sambi dengan mengelap meja lah, beresin bumbu lah. tujuannya sih seperti yang di awal tadi mumpung lagi di dapar hehe . dari hal ini aku kaya merasa bahwa efisiensi waktu itu tiba-tiba menjadi prioritas dalam melakukan pekerjaan apapun.

Lalu misalnya ketika lagi beresin rumah, cara yang sering aku lakuin itu pasti ambil dulu semua barang yang berserakan baru kemudian aku balikin tuh ke tempat aslanya satu persatu. yaa karena tangan aku dua, dan barang yang aku bawa itu banyak pasti banyak juga yang berjatuhan. jadi yang awalnya mau efisiensi waktu, karena banyak barang yang jatuh malah buat waktu beres-beres aku jadi lama. dan efisiensi tadi hilang. dan karena hal itu aku jadi mulai berfikir, sebenarya aku bisa gak sih multitasking? dan ternyata multitasking itu hanyalah mitos, bagaimana bisa? 

Sebenernya nih temen-temen, otak kita ngga bisa untuk dipaksa fokus pada dua hal atau lebih dalam satu waktu. apalagi nih aktivitas yang kita lakukan menggunakan bagian otak yang sama, misalnya nih aku sering banget baca buku sambil dengerin music video yang ada liriknya, nah kira-kira temen-temen pernah melakukan hal yang sama gak? padahal nih temen-temen, kalo kita melakukan hal diatas itu malah bisa menghambat konsentrasi kita dengan kata atau kaliamat yang kita baca baik di buku ataupun di lirik tadi. 

Sama hal nya kalau kita lagi di kelas, ketika ada dosen yang lagi menerangkan materi tapi kita sambi dengan buka whatsapp dan kita juga sambi ngebales chat temen ataupun liat story mereka, semua aktivitas tersebut membutuhkan bagian otak "prefrontal cortex" dan kalau semua aktivitas ini rebutan, otak kita akan menjadi overwhelmed gitu.

Dan ada juga riset yang mengatakan bahwa kita tuh sebenernya gak bisa multitasking, karena kita adalah 1 dari 2,5% manusia di muka bumi ini yang bisa multitasking. dan ternyata yang selama ini aku lakukan bukanlah multitasking melainkan switching; berpindah-pindah aktivitas. 

Padahal apa yang aku lakukan malah bisa memperlambat aktivitas aku sendiri. dan temen-temen pastinya untuk bisa fokus pada aktivitas itu adalah hal yang sulit untuk orang-orang yang kaya aku gini, tapi disisi lain ini juga merupakan sebuah tantangan sendiri untuk aku agar aku bisa fokus terhadap satu hal agar hal tersebut bisa maksimal hasilnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun