Mohon tunggu...
Fahrizal Satriarga
Fahrizal Satriarga Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga

what u see, u become

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Wajib ke Sini! Inilah TOP 4 Bakmi Jawa Terenak dan Memiliki Keunikan Tersendiri di Yogyakarta

12 Maret 2021   20:15 Diperbarui: 12 Maret 2021   21:15 198 14 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Wajib ke Sini! Inilah TOP 4 Bakmi Jawa Terenak dan Memiliki Keunikan Tersendiri di Yogyakarta
sumber : travelingyuk.com

Siapa yang tidak tahu bakmi jawa? Makanan asli Indonesia yang sangat disukai dari berbagai kalangan umur, dari yang tua maupun muda. Sebelum masuk ke pembahasan diatas, mari kita simak sejarah pembuatan bakmi jawa terlebih dahulu.

Bakmi Jawa merupakan makanan tradisional yang sangat khas di daerah Yogyakarta dan sekitarnya. Berdasarkan sejarah bakmi jawa berasal dari Desa Piyaman di daerah Wonosari, lebih tepatnya berada di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Keistimewaan Bakmi Jawa sangat lah banyak, yang pertama bakmi jawa sendiri pada cara pembuatannya yang masih menggunakan cara tradisional, yakni masih menggunakan media anglo (tungku yang terbuat dari tanah liat) dan kemudian dimasak menggunakan api yang berasal dari arang. Keistimewaan selanjutnya adalah terletak pada bumbu khas nya.

Setiap warung Bakmi Jawa memiliki bumbu khas tersendiri yang membuat setiap warung bakmi jawa memiliki cita rasa dan tekstur yang berbeda-beda. Pada dasarnya mie yang digunakan pada bakmi jawa memiliki dua jenis, yang pertama adalah bakmi kuning yang terbuat dari campuran adonan tepung terigu dan telur. Dan satunya adalah bakmi bihun yang memiliki tekstur dan bentuk yang berbeda, kali ini pembuatan bakmi bihun menggunakan campuran tepung beras dan telur.

Tentunya warung bakmi jawa menyediakan tiga jenis masakan, yaitu bakmi goreng, bakmi godhog (rebus), dan bakmi nyemek (bakmi yang kuahnya lebih sedikit dari bakmi godhog dan memberikan tekstur kental). Tak hanya menyediakan bakmi jawa saja, biasanya warung bakmi jawa juga menyediakan beberapa menu lain, seperti nasi goreng, cap cay goreng, dan cap cay godhog. Sekarang langsung saja kita bahas TOP 4 Bakmi Jawa di Yogyakarta.

1.) Bakmi Jawa Pak Pele

Bakmi satu ini sudah cukup banyak peminatnya dari dulu. Bakmi jawa yang sudah berdiri sejak tahun 1983 ini menyuguhi banyak pilihan menu yang dapat kalian pesan, mulai dari bakmi godhog, bakmi goreng, nasi goreng, magelangan, cap cay, sop, hingga rica-rica ayam.

Cita rasa gurih yang berasal dari kaldu ayam sangat memikat lidah para pengunjung. Tak sampai situ saja, yang membuat Bakmi Jawa Pak Pele menjadi semakin istimewa lagi yaitu pada penggunaan telor bebek yang diyakini sebagai sumber kelezatan bakmi jawa tersebut.

Satu porsi bakmi jawa dilengkapi dengan telur, irisan ayam kamping, sayur kol, taburan seledri dan bawang goreng yang menjadi pelengkap rasa pada bakmi itu, serta tak lupa ditambah dengan sepiring acar dan potongan cabai rawit bagi yang menyukai rasa yang lebih pedas.

Warung bakmi jawa ini buka mulai pukul 18.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB. Bagi para pengunjung disarankan dating lebih awal, karena jika terlambat anda akan diuji kesabarannya. Karena jelang makan malam biasanya warung ini sudah dipenuhi pengunjung lain. Untuk menikmati bakmi jawa ini anda harus menunggu setidaknya 30 menitan. Mengenai harga satu porsi bakmi jawa ini mulai dari Rp 19 .000 hingga Rp 25.000

Pastinya orang jogja banyak yang sudah tahu dimana letak warung bakmi ini. Bagi yang belum tahu, bakmi ini terletak di daerah Alun-alun Utara Yogyakarta atau orang jogja sering menyebutnya dengan sebutan Altar, lebih  tepatnya warung bakmi jawa berada di depan SD Negeri Keputran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN