Mohon tunggu...
Rizal Mutaqin
Rizal Mutaqin Mohon Tunggu... Tentara - Semua Orang Akan Mati Kecuali Karyanya

Tulislah Sesuatu Yang Akan Membahagiakan Dirimu Di Akhirat Kelak

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Kontribusi Drs Sumadha dalam Mengajar Pemanfaatan Tenaga Listrik di Jember

9 November 2023   04:58 Diperbarui: 9 November 2023   05:18 47
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Di tengah pesatnya perkembangan teknologi, pendidikan berperan penting dalam mencetak generasi muda yang kompeten di berbagai bidang, termasuk dalam teknik elektro. Salah satu sosok pendidik yang telah memberikan kontribusi besar di bidang Pemanfaatan Tenaga Listrik (PFL) adalah Drs. Sumadha, seorang Guru Teknik Elektro di SMKN 2 Jember.

Drs. Sumadha dikenal sebagai pribadi yang berdedikasi tinggi dalam memberikan pendidikan yang berkualitas kepada siswanya. Beliau telah mengajar di SMKN 2 Jember selama bertahun-tahun dan memiliki spesialisasi di bidang Pemanfaatan Tenaga Listrik. Materi ajar yang disampaikan tidak hanya teori, tetapi juga aplikasi praktis yang relevan dengan dunia industri, sehingga para siswa dapat lebih siap menghadapi dunia kerja yang kompetitif.

Latar belakang pendidikan Drs. Sumadha menjadi salah satu faktor penting dalam kualitas pengajaran yang diberikan. Beliau merupakan lulusan dari IKIP Yogyakarta, sebuah institut keguruan dan ilmu pendidikan yang telah berkembang menjadi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Pendidikan yang diperoleh dari institusi bergengsi tersebut memberikan bekal akademis yang kuat dan pemahaman mendalam tentang ilmu pendidikan.

Pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki Drs. Sumadha dalam bidang Pemanfaatan Tenaga Listrik membuatnya menjadi tenaga pengajar yang sangat berkualitas. Di kelas, beliau senantiasa menginspirasi para siswa untuk berpikir kreatif dan berinovasi dalam menghadapi tantangan dalam industri teknik elektro.

Selain berfokus pada kegiatan mengajar di SMKN 2 Jember, Drs. Sumadha juga aktif dalam mengikuti berbagai kegiatan pelatihan dan seminar di bidang teknik elektro. Tujuannya adalah untuk selalu mengikuti perkembangan terbaru dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga ia dapat terus memberikan pengetahuan yang mutakhir kepada para siswanya.

Komitmen Drs. Sumadha terhadap pendidikan tidak hanya terbatas pada lingkup sekolahnya. Beliau juga berperan sebagai penggerak pengembangan kurikulum di SMKN 2 Jember untuk memastikan bahwa materi pelajaran yang disampaikan selalu relevan dengan tuntutan industri dan perkembangan teknologi saat ini.

Keberhasilan Drs. Sumadha dalam dunia pendidikan tidak hanya diakui oleh siswanya, tetapi juga oleh rekan seprofesinya. Para guru dan staf di SMKN 2 Jember melihatnya sebagai contoh teladan dalam memberikan pendidikan yang bermutu dan berorientasi pada hasil.

Melalui dedikasi dan komitmennya, Drs. Sumadha telah membantu banyak siswa meraih kesuksesan dalam dunia teknik elektro. Banyak alumni SMKN 2 Jember yang berhasil melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi terkemuka di bidang teknik elektro, dan beberapa di antaranya bahkan telah sukses dalam berkarier di industri.

Sebagai sosok inspiratif, Drs. Sumadha membuktikan bahwa seorang pendidik dapat berperan sebagai agen perubahan dalam mencerdaskan bangsa. Semangatnya dalam mengajar dan berinovasi dalam bidang Pemanfaatan Tenaga Listrik menjadi teladan bagi para generasi muda untuk terus belajar dan berkontribusi bagi kemajuan teknologi dan pendidikan di Indonesia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun