Mohon tunggu...
Rizalindraa
Rizalindraa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Administrasi Bisnis kepelabuhanan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Strategi SDM dan Keunggulan Bersaing

1 Agustus 2021   08:20 Diperbarui: 1 Agustus 2021   08:21 231 47 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Strategi SDM dan Keunggulan Bersaing
ilustrasi pribadi

Assalamualaikum.wr.wb

Disini saya Rizal IndraFeri mahasiswa STIAMAK BARUNAWATI SURABAYA, dimana dosen pembimbing kami mata kuliah Sumber Daya Manusia yaitu Bapak Nugroho Dwi Priyohadi,S.Psi,M.Si.CT, berikut penjelasan dari artikel yang saya buat kurang lebihnya kami mohon maaf, Terimakasih.

Keunggulan bersaing adalah inti dari strategi bersaing yang meliputi kemampuan, sumber daya, hubungan, dan keputusan yang memungkinkan organisasi untuk memanfaatkan peluang di pasar dan menghindari ancaman terhadap posisi yang diinginkan.

A. Maching Model dan Behavioral Perspective

Maching model dan behavioral perspective dalam strategi manajemen sumber daya manusia dianjurkan oleh Fomburn (1984). Bentuk yang paling sederhana dari maching model menegaskan bahwa efektivitas organisasi tergantung dengan kedekatan strategi manajemen sumber daya manusia dengan strategi bisnis. Hal ini akan membuat organisasi beroperasi lebih efektif. Dengan kata lain, manajemen harus bekerja berdasarkan perilaku yang diperlukan oleh pilihan posisi bisnis tertentu dan mengadopsi praktek-praktek manajemen sumber daya manusia, yang memperkuat perusahaan.

  • Praktek sumber daya manusia akan mencakup beberapa hal berikut (Boxall, 1995) :
  1. Memilih individu yang sangat terampil
  2. Memberikan nilai lebih kebijakan karyawan
  3. Menggunakan kontrol minimal
  4. Membuat investasi besar dalam sumber daya manusia
  5. Memberikan lebih banyak sumber daya untuk eksperimen, dan penilaian kinerja untuk implikasi jangka panjang.

B. Kemampuan Model

Maching model strategi manajemen sumber daya manusia terkait dengan pandangan yang berorientasi pasar produk dari strategi yang dianjurkan oleh Porter (1985). Model kedua terkait dengan pandangan berbasis sumber daya perusahaan (behavioral perspective). Perspektif berbasis sumber daya (behavioral perspective) menawarkan cara kontribusi teori strategi manajemen sumberdaya manusia yang tidak berhenti semata-mata pada gagasan reaktif dari positioning.

Strategi manajemen sumber daya manusia, harus terkait dengan seluruh unit atau hubungan kerja dalam rangka mendapatkan model yang lebih lengkap. Sebuah teori strategi manajemen sumber daya manusia harus dibangun atas asumsi yang kredibel tentang sifat manajemen strategi di satu sisi dan upah kerja murah atau imbal jasa di sisi lain.

C. Peran Strategi Sumber Daya Manusia 

Proses implementasi strategi sumber daya manusia dalam perusahaan pada dasarnya adalah bagaimana sumber daya manusia dapat menghubungkan setiap fungsi yang dilaksanakan ke dalam proses implementasi strategi. Becker, Huselid, dan Ulrich (2009).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x