Mohon tunggu...
Rizki Rizaldi
Rizki Rizaldi Mohon Tunggu... Ini saya bukan aku

Mahasiswa ilmu Komunikasi unsika 2018

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Personal Branding ala Arief Muhammad

13 April 2021   11:47 Diperbarui: 13 April 2021   12:50 120 1 0 Mohon Tunggu...

Pembangunan personal brand memerlukan waktu yang cukup panjang dikarenakan menyangkut dengan kepercayaan orang lain. Dalam prosesnya persistensi dan konsistensi menjadi suatu kesatuan yang tidak dapat dihindarkan. Persistensi berkaitan dengan kegigihan dan keuletan seseorang dalam menjalani berbagai proses termasuk dalam menghadapi berbagai rintangan dan hambatan. Adapun konsistensi terkait dengan relevansi dari setiap kegiatan dan aktivitas yang dilakukan secara berulang-ulang. 

Oleh karena itu, dalam pembangunan personal brand diperlukan upaya-upaya yang dilakukan secara berkelanjutan.
Salah satu video blogger yang tengah naik daun di Indonesia adalah Arief Muhammad. Dilansir dari situs forgic.id, Arief Muhammad berhasil menjadi salah satu youtubers dengan subscribers terbanyak di antara 15 channel youtube yang ada di Indonesia. Jika diurutkan, channel Arief Muhammad berhasil menempati urutan ke-13 dengan subscribers terbanyak di Indonesia. Arief Muhammad adalah seorang daily vlogger dimana ia menggunggah video blognya dengan tema daily vlog. Daily vlog merupakan salah satu jenis video blog yang banyak diunggah di Youtube. 

Apabila diartikan ke dalam bahasa Indonesia, daily vlog memiliki definisi yaitu video blog yang diunggah setiap hari yang dimaksud berdasarkan periodesasi. Tetapi dalam konteks penelitian ini, daily vlog berisi kegiatan sehari-hari seorang vlogger dan menyuntingnya sedemekian rupa sehingga menjadi suatu rangkaian cerita dalam satu atau beberapa hari pada sebuah video. Daily vlog ini diunggah rutin ke Youtube untuk menunjukkan berbagai aktivitas dalam kehidupannya. Hal ini sesuai dengan definisi yang dinyatakan oleh Arief Muhammad bahwa daily vlog yang ia maksud adalah vlog yang berisi kegiatan di kehidupan sehari-harinya.

Menurut Enda Nasution, Arief Muhammad merupakan salah satu vlogger yang berpengaruh di Indonesia dilihat dari segi konsistensi. Arief Muhammad secara berkala mengunggah vlog yang bertema daily vlog di kanal youtubenya. Dengan waktu yang singkat Arief Muhammad juga berhasil mendapatkan prestasi atas video blog yang ia buat. Arief Muhammad mengalami perkembangan baik dalam konten maupun teknik yang ia gunakan dalam membuat video blog. 

Dari segi konten, Arief Muhammad mulai mengembangkan video blognya menjadi travel vlog yang masih merupakan bagian dari daily vlognya. Travel vlog ini merupakan video blog yang berisi kegiatannya saat melakukan perjalanan atau liburan ke kota maupun negara lain. Tidak hanya memperlihatkan kegiatannya selama di sana tetapi ia juga dapat menunjukkan keindahan alam sekitarnya melalui video.

Langkah-langkah dalam melakukan personal brandingnya sebagai daily vlogger. Pada awalnya Arief Muhammad telah memahami dirinya yaitu seorang daily vlogger kemudian menentukan tujuannya dalam mebuat video blog yaitu untuk membuat dirinya lebih dekat dengan penggemarnya. Cara yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan tersebut dengan membuat video blog yang dapat dinikmati oleh penontonnya. 

Karena ia ingin mengahasilkan video blog yang berkualitas maka ia melakukan upaya dengan mendalami keterampilan yang berhubungan dengan pembuatan video blog seperti teknik pengambilan video dan editing video. Untuk mempertahankan konsistensi brandnya ia melakukan beberapa hal seperti berkolaborasi dengan youtubers lain, bekerjasama dengan produk-produk tertentu dalam bentuk endorsement atau promosi, juga membangun interaksi dengan penotnon dengan membalas komentar di media sosial juga memberikan apresiasi dengan mengadakan giveaway atau pemberian hadiah.

Kemudian ia harus terus membangun konsistensi personal brandnya dengan memperhatikan lingkungan brandnya yang terdiri lingkungan internal yaitu apa yang ada pada dirinya untuk menunjang personal brandnya seperti penampilan, dan lingkungan eksternal yaitu pihak lain atau relasi yang diajak bekerjasama dan hubungan keterikatan dengan target audiens.

Segala pencapaian yang diraih Arief Muhammad bukan tanpa usaha. Melalui video blognya, Arief Muhammad memanfaatkan media sosial sebagai wadah untuk melakukan personal branding dengan berbagai upaya hingga saat ini menjadi sosok yang ternama dan memiliki banyak penggemar. Oleh karena itu, penelitian ini akan melihat proses personal branding Arief Muhammad sebagai daily vlogger kepada khalayak dunia maya.

VIDEO PILIHAN