Mohon tunggu...
Rizal Zuhdy
Rizal Zuhdy Mohon Tunggu... Dokter - Simple medical doctor

Seorang dokter umum yang gemar berbagi informasi dan pengetahuan kesehatan.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Dapatkah Sesak Napas karena Asam Lambung Sembuh dengan Sendirinya?

21 April 2020   23:24 Diperbarui: 8 April 2021   11:33 28090 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dapatkah Sesak Napas karena Asam Lambung Sembuh dengan Sendirinya?
Sesak nafas karena asam lambung sembuh dengan sendirinya. ilustrasi sakit akibat naik asam lambung--posta.com

Sesak nafas menjadi gejala yang cukup dikhawatirkan di masa pandemi COVID-19 ini. Namun, ada juga sesak yang disebabkan oleh kenaikan asam lambung. Jadi kami akan membahas benarkan sesak nafas karena asam lambung sembuh dengan sendirinya. Yuk disimak.

Sesak Nafas Akibat Asam Lambung

Sebelum kami menjawab pertanyaan dapatkah sesak nafas karena asam lambung sembuh dengan sendirinya seperti di atas. Ada baiknya kita mengenali dan memahami sesak nafas dan asam lambung.

Refluks asam terjadi ketika asam bocor dari perut kembali ke kerongkongan. Kadang-kadang serangan refluks asam umumnya tidak memprihatinkan. Namun, pola refluks asam yang sering terjadi mungkin merupakan tanda penyakit refluks gastroesofageal, yang merupakan masalah pencernaan kronis yang dapat menyebabkan komplikasi medis.

Kadang-kadang, refluks asam terjadi bersamaan dengan sesak napas. Dalam beberapa kasus, refluks asam menyebabkan sesak napas.

Orang yang menderita penyakit gastroesophageal reflux (GERD) mungkin berisiko tinggi menderita asma atau kondisi pernapasan lainnya.

Artikel ini menjelaskan hubungan antara refluks asam dan sesak napas, menguraikan beberapa gejala refluks asam, dan melihat opsi perawatan yang tersedia.

Apa hubungan antara gejala-gejala ini?

Refluks asam terjadi ketika asam bocor dari perut kembali ke kerongkongan. Ketika ini terjadi, asam dapat mengiritasi saluran udara, menyebabkan mereka membengkak. Ini dapat menyebabkan kesulitan bernafas.

Hubungan antara GERD dan asma

Para peneliti juga mengidentifikasi hubungan antara GERD dan asma. Sebuah studi 2019 menyarankan hubungan dua arah antara GERD dan asma. Ini berarti bahwa orang-orang dengan GERD lebih mungkin untuk menderita asma, dan orang-orang dengan asma mungkin lebih mungkin untuk mengalami GERD.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan