Riza Hariati
Riza Hariati Konsultan

Tulisan yang saya upload akan selalu saya edit ulang atau hapus tergantung mood. Jadi like dan comment at your own risk. You've been warned!

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Lentera Batukaru: Bagus Banget!

26 April 2019   06:57 Diperbarui: 27 April 2019   08:52 113 15 10
Lentera Batukaru: Bagus Banget!
gramedia.com

Meski saya ragu apakah masih ada orang yang membaca buku, saya mau merekomendasiin buku ini aaah : LenteraBatuKaru by Putu Setia.

Serius bagus deh. 

Meskipun autobiografi, tapi hampir semua yang berkaitan politik di buku ini persis sama dengan apa yang kita alami sekarang. Yah nggak persis sih, kalau kita bisa mencegahnya. Misalnya pas Pendukung Megawati menghancurkan gedung2 pemerintahan waktu Mega kalah Pemilu.

Btw, pantesan Mega bilang kemarin : Saya sangat menghargai Mas Bowo yang mengatakan agar pendukungnya jangan anarkis. Pengalaman pribadi rupanya. Hebatnya, semua pemilih prabowo denger dan menurut. Nggak kayak pas dibuku ini.

Dan bagian tentang PKI nya menurut saya lebih bagus ketimbang The Act of Killing yang heboh itu. Karena buku ini dibuat oleh seorang pemuka agama Hindu yang betul2 mengalami sendiri semua kejadiannya. Dan jelas dia mencintai Indonesia, jadi tujuannya bukan sekedar untuk mencari sensasi.

Saya follow Mpu Jaya Prema (nama tahbisnya kependetaannya Putu Setia) di twitter sudah lumayan lama, tapi itu bukan penyebab saya rekomen buku ini looh.  Tapi beneran karena buku ini baguuus. Saya bacanya sampe ketakutan, nangis, terus ketawa-tawa, terus nangis lagi, terus ketakutan lagi. Pokoknya seru deh.

Mungkin karena Mpu sudah pengalaman lamaaaa sebagai penulis, termasuk di Tempo. Jadi gaya bahasanya pun sederhana saja. Nggak membosankan karena terlalu berbelit-belit. Ini sulit loh, karena yang ditulisnya tuh sebenarnya sangat kompleks. Dan karena aktual banget jadinya seru gitu.

Kemarin begitu saya lihat dipostingan Mpu, saya langsung suuungg ke Gramedia BSD untuk beli. Pulangnya langsung baca. 3.5 jam selesai. Suatu prestasi buat saya yang sudah kena ADD gara-gara kecanduan ponsel.

Jangan lupa semuanya beli ya. Supaya saya dapet fee promosi. *Becandaaa becandaaa!!!