Mohon tunggu...
Riyanti Ratna N
Riyanti Ratna N Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

-

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Pentingnya Memulai Investasi Sejak Dini

6 Agustus 2022   08:08 Diperbarui: 6 Agustus 2022   08:09 78 10 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Investasi merupakan suatu kegiatan menanam modal atau dana dengan harapan mendapat keuntungan atau imbal hasil di masa depan. Investasi ini merupakan salah satu hal penting dalam mengelola keuangan.

Generasi milenial pastinya sudah tahu bagaimana pentingnya kebutuhan hidup yang berkaitan dengan keuangan, salah satunya investasi. Bukan hanya generasi milenial saja, semua orang yang sudah berpengalaman bisa berinvestasi. Karena investasi sangat penting, maka dari itu penting untuk kita mengetahui manfaat investasi. 

Ada beberapa jenis investasi yang cocok untuk anak muda, seperti saham, reksadana, obligasi, ataupun properti. Tentunya masing-masing investasi tersebut memiliki keuntungan dan resiko yang berbeda. Sebenarnya apa sih pentingnya memulai investasi sejak dini? Berikut beberapa alasan mengapa investasi penting dilakukan sejak dini:

1. Persiapan Masa Tua

Memasuki usia senja tentunya membuat penghasilan yang didapat akan berkurang dibandingkan dengan masa-masa usia produktif. Oleh karena itu, berinvestasi di usia muda merupakan cara yang tepat untuk membantu mempersiapkan masa tua yang lebih baik. 

2. Mewujudkan Kebebasan Finansial

Setiap orang mempunyai rencana keuangan masing-masing untuk mewujudkan kebebasan finansial ini, salah satu solusi untuk itu yaitu dengan investasi sejak dini. Dengan investasi sejak dini, seseorang akan memiliki penghasilan pasif yang bisa terus didapatkan sehingga tidak harus lagi bekerja keras. 

3. Waktunya Uang Yang Bekerja

Dengan berinvestasi, ketika kita membelanjakan uang yang dimiliki untuk membeli produk investasi maka nilainya akan naik seiring berjalannya waktu. Seperti kata pepatah, jangan hanya bekerja untuk uang tapi biarkan uang yang bekerja untuk kamu. 

4. Melatih Kedisiplinan Diri

Dengan berinvestasi sedini mungkin setiap orang bisa lebih disiplin dalam mengelola uang. Ketika rasa disiplin tumbuh maka tidak akan sering menghamburkan uang untuk keperluan yang tidak penting. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan