Mohon tunggu...
Riyan Insani
Riyan Insani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Chemistry Student at Diponegoro University

.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Yuk Kita Cegah Covid-19, Mahasiswa KKN Undip Ajak Warga untuk Membuat Disinfektan Sendiri Berbasis Video

2 Agustus 2021   00:25 Diperbarui: 2 Agustus 2021   00:32 47 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Yuk Kita Cegah Covid-19, Mahasiswa KKN Undip Ajak Warga untuk Membuat Disinfektan Sendiri Berbasis Video
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

(Semarang, 23/07/2021) -- Penyebaran covid-19 kian hari kian meluas. Penyebarannya pun telah sampai ke Indonesia sudah lebih dari satu tahun. Berbagai hal disarankan sebagai upaya untuk mencegah penularan dan penyebaran virus ini. 

Selain menjaga jarak dengan orang lain, kita juga dianjurkan untuk menjaga daya tahan tubuh dan menjaga kebersihan lingkungan. Salah satu upaya dalam menjaga kebersihan lingkungan yaitu dengan membersihkan secara berkala area rumah khususnya di area yang paling kotor dan tersentuh banyak orang menggunakan disinfektan. 

Disinfektan hanya digunakan dipermukaan benda mati saja, karena bahan kimia yang digunakan lebih keras dari hand sanitizer, seperti etanol, hidrogen peroksida dan natrium hipoklorit.

Dalam rangka melaksanakan kegiatan KKN untuk mengurangi kekhawatiran akan bahayanya kandungan bahan kimia yang cukup pekat, disinfektan dapat dibuat dari bahan alami yang akan menghasilkan kandungan alkohol dengan aroma yang alami. Mahasiswa KKN Tim II Undip, Riski Riyan Insani (21), dalam pelaksanaan program kerja KKN nya, membagikan edukasi kepada warga RW 03 Kelurahan Bendan Ngisor mengenai "Pembuatan Disinfektan Alami Daun Sirih" pada hari Jum'at (23/07) lalu melalui platform digital Youtube.


Antusiasme warga terlihat cukup tinggi, berbagai komentar dan likes didapatkan setelah pengunggahan video tutorial ini. Tak hanya itu. Program kerja KKN ini mendapatkan respon positif dari Ketua RW 03, Kelurahan Bendan Ngisor.

"Matur nuwun sudah membagikan ilmu dan pengetahuannya untuk warga RW 03... Semoga memberikan manfaat dan kontribusi bagi warga RW 03 dalam upaya pencegahan penularan covid...", ujar Ketua RW 03.

Pelaksanaan dari kegiatan pemberian materi mengenai pembuatan disinfektan ataupun perbedaan penggunaan antara disinfektan, hand sanitizer dan sabun cuci tangan ini diharapkan dapat lebih meningkatkan upaya pencegahan covid-19 khususnya untuk warga RW 03, Kelurahan Bendan Ngisor.

Penulis: Riski Riyan Insani

Dosen Pembimbing: Lintang Dian Saraswati, SKM., M.Epid.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN