Mohon tunggu...
Riyani
Riyani Mohon Tunggu... Stay focus and complete the journey

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga (20107030023)

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Must Have Skills Sebelum Kamu Lulus Kuliah

29 Maret 2021   13:12 Diperbarui: 29 Maret 2021   17:14 106 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Must Have Skills Sebelum Kamu Lulus Kuliah
lenteraseo.com

Kesuksesan berkarier pasti menjadi keinginan setiap orang. Nah salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk membantu dalam mencapai kesuksesan, adalah dengan meningkatkan dan mengasah skill atau kemampuan. Yups, skill yang baik menjadi penunjang keberhasilan dalam suatu pekerjaan. Dengan memilki skill, seseorang akan mudah untuk melakukan pekerjaannya.

Ketika dalam sebuah pekerjaan tidak ada skill yang dimiliki, mungkin gampang banget menemukan kekurangan dalam sebuah pekerjaan. Tapi sebaliknya, ketika mempunyai skill yang baik kamu akan merasa senang dengan pekerjaan yang dilakukan. Misal ada seseorang yang kurang percaya diri untuk public speaking dia mungkin akan benci dengan pekerjaan yang berhubungan dengan public speaking begitu pun sebaliknya.

Skill atau kemampuan setiap orang memang berbeda. Namun, apakah karna berbeda setiap orang tidak berhak punya skill yang dimilki orang lain ?. Walaupun begitu meningkatkan skill juga penting. Apalagi untuk mahasiswa setelah lulus nanti harus dihadapkan dengan dunia kerja. Mencari pekerjaan bukanlah hal yang  mudah. Ada banyak yang dipertimbangkan perusahaan dalam menerima karyawan. Baik dari segi gelar, prestasi, skill, maupun hal lain yang tentunya sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Skill yang bagus juga bisa menjadi pertimbangan untuk diterimanya kerja. Dan juga di zaman yang semakin canggih teknologi, pengetahuan dan skill yang dibutuhkan akan semakin kompleks. Ga mau kan gara – gara ga punya skill malah ga diterima kerja.

By the way, mau tau lebih lanjut skill apa saja yang harus dimiliki mahasiswa ?. berikut ini beberapa skill yang harus dimiliki oleh mahasiswa. Yuk disimak!!

Writing

Di dalam kehidupan sehari-hari, kemampuan menulis sangatlah dibutuhkan. Bagi mahasiswa mungkin sudah familiar dengan tugas makalah dan lain lain. Menulis merupakan salah satu cara untuk merunutkan alur pikiran, memberikan informasi bermanfaat bagi yang membutuhkan. Dengan menulis, kemampuan untuk menumbuhkan pola pikiran terbuka semakin efektif, dan wawasan semakin luas. Orang –orang dengan keterampilan menulis yang baik umumnya dinilai lebih kredibel. Gaya kita dalam menyampaikan sesuatu dalam tulisan menjadi sebuah cara seseorang melihat kepribadian kita.

Public speaking

Tidak dipungkiri bahwa dunia kerja saat ini juga membutuhkan lulusan yang terampil dalam berkomunikasi, termasuk mampu berbicara didepan umum. Jika kamu belum punya skill yang satu ini, kamu bisa memulai berlatih dengan presentasi tugas kuliah di kelas atau latihan berbicara didepan cermin. Mahasiswa seringkali dituntut untuk dapat menyampaikan gagasan atau idenya dihadapan umum. Meskipun kemampuan public speaking yang dimiliki setiap mahasiswa berbeda-beda, dasar dari skill ini wajib dimiliki oleh mahasiswa. Pengembangan public speaking mahasiswa perlu dilakukan untuk menunjang karier mahasiswa kedepan.

Etika kirim e-mail. 

Ternyata mengirim e-mail itu ada etikanya ya. Eits jangan salah. Ketika kamu paham etika mengirim e-mail peluang menjalin relasi atau diterimanya kerja juga meningkat. Banyak perusahaan  yang meminta pelamar untuk mengirim berkas via e-mail. Sebelum mengirim e-mail pastikan bahwa isi e-mail ringkas dan tepat sasaran, hindari menggunakan singkatan, dan gunakan alamat e-mail profesional, selain itu cek tata bahasa dan typo. Dan body e-mail jangan sampai kosong.

Komunikasi interpersonal

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN