Mohon tunggu...
Novy29 ( Novy E.R. )
Novy29 ( Novy E.R. ) Mohon Tunggu... Blogger, Employee, Writer, Traveler, Reserve Villa Family&Grup (Tanpa Kamaran)

I'm a Novy E.R. A blogger, employee, writer, traveler, and reserve villa family&grup (Tanpa Kamaran) . . Blog : http://rivitacahayaqalbu.wordpress.com/ . . On Media Cetak & Buku : . . 1. Karnaval Banteng, Apa Manfaatnya Sih ? (Year 2008 at Media Lokal Malang Raya) . 2. Obyek Wisata Kota Wisata Batu (Year 2008 at Media Local Malang Raya) . 3. Cukuplah Kematian Sebagai Nasehat (Majalah Intisari Hidayah, Desember 2010) . 4. Antologi "Merah Putihnya Cinta" by Jaringan Penulis Indonesia by EK Publisher (2011) . 5. Citizen Reporter Harian Pagi Surya "Menulis Opini Itu Kreatif" (Januari 2018) . 6. Esai Harian Pagi Radar malang "Teknologi Positif Yang Bermanfaat" (Januari 2018) . 7. Antologi "Malang Dalam Aksara" by Malang Menulis (Feb 2018) . 8. Esai Harian Pagi Malang Post "Ambil Alih Pengelolaan Air Swasta Oleh Pemda" (Agustus 2018) . 9. Antologi "Serpihan Rindu" by AE Publishing (Agustus 2018) . 10. Antologi "Nuansa Cinta Ramadhan" by AE Publishing (September 2018) . 11. Antologi "Mayapaa Puaka" by AE Publishing (November 2018) . 12. Antologi "You Are My Hero" by AE Publishing (Desember 2018) . 13. Antologi"Kasih Tak Sampai" (Mei 2019) . 14. Esai Harian Pagi Malang Post "Bangga Jadi Santri" (Oktober 2018) . 15. Antologi "LDR" by AE Publishing (November 2019) . 16. Citizen Reporte Majalah Air Minum "Gowes Bersama" (2017) . 17. Citizen Reporte Majalah Air Minum "Dzikir Al Khidmah Bersama PDAM & Masyarakat" (2017) . 18. Antologi Puisi "Pohon Luka" by AE Publishig (2019) . 19. Antologi FTS Trust Me, I'm A Writer (Juli 2020) . 20. (Segera)

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Cara Mengatasi Laptop Lemot

21 Juni 2021   11:32 Diperbarui: 21 Juni 2021   13:51 124 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Mengatasi Laptop Lemot
Dokumentasi Pribadi

CARA BIKIN LAPTOP ENGGAK LEMOT LAGI

 

Aduh laptop ini kenapa lagi. Kenapa lemot, kerjaan jadi lambat. Bikin suasana jadi tidak nyaman. Belum lagi dikejar target deadline. Ada apa lagi ini dengan laptop. Mungkin ini juga pada personal computer (PC) yang lemot.

Ya, saat ini kebutuhan laptop sudah adalah barang gawai wajib yang dimiliki. Baik buat kebutuhan kerja maupun sekolah. Mana wabah covid19 yang belum juga diketahui kapan berakhirnya. Aktivitas online jadi meningkat.

Selama setahun belakangan, semua aktivitas dilakukan lewat perangkat elektronik seperti laptop. Selain jaringan konektivitas internet baik pulsa maupun wifi, sarana laptop sangat menunjang. Work From Home (WFH)  atau sekolah jarak jauh secara online dilakukan melalui laptop. Tugas-tugas dibutuhkan seperangkat laptop atau PC.

Bagaimana bila laptop lemot

Jangan buru=buru ganti atau di buang sayang. Laptop kalau sudah lemot begini rasanya jadi tak berguna, yang ada justru bikin repot. Atau laptop sudah kelewat lama. Butuh upgrade yang baru. Mau beli lagi harga laptop sedang mahal-mahalnya. Buat yang berduit tidak masalah, laptop lemot, tidak bisa diservice  lagi. Tinggal beli yang baru.  Bagi yang pas-pasan hidunya? Masih banyak kebutuhan lagi selain laptop tentunya.

Bagi kalian yang tidak terlalu banyak duit untuk mudah membeli segala keperluan, dan laptop jadi kebutuhan vital boleh di coba saran-saran dari saya.

  1. Cobalah untuk instal ulang paling tidak enam bulan sekali atau setahun sekali. Instal ulang tidak butuh waktu berhari-hari. Sehari atau dua hari sudah cukup. Ini berguna untuk membersihkan virus-virus yang menyerang dan datangnya tanpa di undang. Terlebih aktivitas laptpop dengan jaringan internet di mana virus yang mudah masuk dan merusak data-data kita.
  2. Jangan membuka terlalu banyak aplikasi karena secanggih dan terbaru laptop tetap akan lemot. Dalam waktu bersamaan, RAM (Random Access Memory) nggak cukup jadi lemot
  3. Dengan melakukan install aplikasi antivirus, pastikan telah melakukan full scan secara rutin, dan melakukan update antivirus
  4. Instal windows dan microsoft office sesuai kebutuhan pekerjaan atau aktivitas, serta sesuai kapasitas laptop yang kita miliki. Termasuk software yang kita butuhkan. Misalnya kita butuh software untuk mendengarkan lagu sembari bekerja. Di mana jaringan laptop tidak terkoneksi dengan internet, carilah yang ruang cukup. Instal software edit photo atau video pun sesuai tujuan kita dan kapasitas laptop. Laptop atau PC untuk desain butuh RAM yang tidak kecil. Bila sekadar pekerjaan mengetik novel, laporan pekerjaan, presentasi tidaklah membutuhkan kapasitas besar.

Nah, supaya laptop kalian aman dan nyaman digunakan, sehat terus serta  panjang usia laptopnya,  semoga  tip di atas  laptop kalian tidak lemot lagiSelamat bekerja dan berkarya. (NV29)

Penulis & Copyright,

Novy E.R

VIDEO PILIHAN