Mohon tunggu...
Novy29 ( Novy E.R. )
Novy29 ( Novy E.R. ) Mohon Tunggu... Blogger, Employee, Writer, Traveler, Reserve Villa Family&Grup (Tanpa Kamaran)

I'm a Novy E.R. A blogger, employee, writer, traveler, and reserve villa family&grup (Tanpa Kamaran) . . Blog : http://rivitacahayaqalbu.wordpress.com/ . . On Media Cetak & Buku : . . 1. Karnaval Banteng, Apa Manfaatnya Sih ? (Year 2008 at Media Lokal Malang Raya) . 2. Obyek Wisata Kota Wisata Batu (Year 2008 at Media Local Malang Raya) . 3. Cukuplah Kematian Sebagai Nasehat (Majalah Intisari Hidayah, Desember 2010) . 4. Antologi "Merah Putihnya Cinta" by Jaringan Penulis Indonesia by EK Publisher (2011) . 5. Citizen Reporter Harian Pagi Surya "Menulis Opini Itu Kreatif" (Januari 2018) . 6. Esai Harian Pagi Radar malang "Teknologi Positif Yang Bermanfaat" (Januari 2018) . 7. Antologi "Malang Dalam Aksara" by Malang Menulis (Feb 2018) . 8. Esai Harian Pagi Malang Post "Ambil Alih Pengelolaan Air Swasta Oleh Pemda" (Agustus 2018) . 9. Antologi "Serpihan Rindu" by AE Publishing (Agustus 2018) . 10. Antologi "Nuansa Cinta Ramadhan" by AE Publishing (September 2018) . 11. Antologi "Mayapaa Puaka" by AE Publishing (November 2018) . 12. Antologi "You Are My Hero" by AE Publishing (Desember 2018) . 13. Antologi"Kasih Tak Sampai" (Mei 2019) . 14. Esai Harian Pagi Malang Post "Bangga Jadi Santri" (Oktober 2018) . 15. Antologi "LDR" by AE Publishing (November 2019) . 16. Citizen Reporte Majalah Air Minum "Gowes Bersama" (2017) . 17. Citizen Reporte Majalah Air Minum "Dzikir Al Khidmah Bersama PDAM & Masyarakat" (2017) . 18. Antologi Puisi "Pohon Luka" by AE Publishig (2019)

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Menulis Itu Mudah

3 Januari 2020   18:01 Diperbarui: 3 Januari 2020   18:10 67 10 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menulis Itu Mudah
Desain by Novy29

Menulis dan publikasi itu mudah. Nggak percaya?  Ayo gabung lewat layanan berbasis teknologi, Whats App Grup Kompasianer Nusantara.

Menulislah dari hal kecil. Dari yang kita lihat atau alami sehari-hari. Misalnya tentang hasil reportase kalian yang melihat suasana malam tahun baru kemarin yang mungkin aja ada yang unik untuk ditulis informasinya.

Bisa jadi belajar nulis berita tipis-tipis.  Atau coret-coret perasaan ke dalam seni pantun atau puisi bisa di posting ke akun kompasiana atau buat cerita mini fiksi (lebih pendek dari halaman cerpen).

Nah, saya bersama kawan yang kebetulan sama-sama nulis dan gabung di kompasiana, terlintas ide untuk membuat layanan whats app grup khusus kontributor kompasiana. Dengan mengajak gabung di whats app grup (WAG) kompasianer bukanlah unjuk diri tulisan siapa yang paling menarik, unik dan ngetop. Ini untuk semua penulis dari level belajar hingga sudah profesional. 

Yang ingin belajar nulis bareng dan menjadi salah satu kontributor di web kompasiana. Open whats app grup ini mulai didirikan 7 November 2019. Dari obrolan singkat antara saya dengan teman dari Jawa Tengah, eeh beliau langsung buat itu WAG Kompasianer Indonesia yang saya ubah sedikit menjadi Kompasianer Nusantara. Hmmm makin semangat buat berkarya bareng deh. Bukankah WAG sekarang yang lebih cepat untuk sarana positif seperti ini? Nulis buku antologi juga seringkali lewat whats app grup.

Di layanan tersebut dilarang untuk menghujat karya kawan. Justru wajib mendukung dan sama-sama belajar. Kita bisa membentuk komunitas kompasiana dalam satu daerah dan mengadakan pertemuan di wilayah masing-masing. Ini sih masih kita merintis dengan mendata nama yang sudah masuk.

Marilah kita dukung layan teknologi positif ini.
Apa aja yang kita pelajar di dalam suatu komunitas online special  kontributor Kompasianer?

* saling mendukung karya kawan
* belajar bareng guna memanfaatkan teknologi positif dengan menulis yang baik di akun kompasiana
* per wilayah bisa mengadakan pertemuan langsung untuk jalinan silaturahmi langsung
*  boleh berbagi karya teman-teman selain link tulisan kita di kompasiana, juga buku kita yang sudah terbit atau karya kita di media cetak
* dilarang sara dan debat politik, berita hoax, copy paste

Nah, bermanfaat ajakan layanan teknologi dalam layanan WAG Kompasianer Nusantara? Silakan yang berminat kirim pesan dengan menyebutkan nama, asal kota dan nomer handphone untuk kami masukkan. Link tidak akan dibagikan secara umum

Penulis,
Novy E.R

VIDEO PILIHAN