Mohon tunggu...
Antonius Eko Harsiyanto
Antonius Eko Harsiyanto Mohon Tunggu... Jurnalis - suka nonton dan dengar musik

Orang biasa yang hobi denger musik dan nonton film

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Yes, West Ham United ke Liga Europa

24 Mei 2021   11:48 Diperbarui: 24 Mei 2021   12:21 246 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Yes, West Ham United ke Liga Europa
West Ham United (foto: twitter WHU) 

Sembilan bulan lalu, saat West Ham United hampir terdegradasi, finish di urutan 16, saya menulis ada tujuh pemain yang harus dilepas klub jika ingin memperbaiki penampilan di musim 2020-2021. Nampaknya tulisan saya di Kompasiana "dibaca" oleh Manajer David Moyes.

Enam pemain seperti Winston Reid, Jack Wilshere sampai Sebastien Haller dilepas dan tinggal menyisakan pemain belakang Arthur Masuaku. Hasilnya, WHU Kembali tampil di kompetisi Eropa setelah 15 tahun, terakhir mereka main di Eropa pada musim 2006-07.

Kemenangan 3-0 atas Southampton di laga terakhir membuat WHU meraih 65 poin dan berada di peringkat 6 klasemen akhir Liga Inggris, keren kan. Laga penting ini disaksikan langsung 10 ribu penonton yang memadati Stadion Olimpiade London.

Ada banyak catatan penting dari prestasi WHU di musim ini. Duduk di peringkat enam besar menjadi prestasi tertinggi ketiga bagi WHU. Sebelumnya, The Hammers sukses finish di urutan lima di musim 1998-99 saat masih dimanajeri Harry Redknapp.

Prestasi tertinggi adalah di musim 1985-86, WHU berada di perikat tiga klasemen akhir. Saat itu, WHU meraih 26 kemenangan dari 42 pertandingan. Sementara di musim ini, Mark Noble dkk meraih 19 kemenangan di Liga Premier.

Sementara bagi Manajer David Moyes, kompetisi 2020-2021 menjadi musim terbaiknya di Liga Inggris. Sebelumnya, manajer asal Skotlandia ini juga sempat membawa Everton ke peringkat enam di musim 2012-13.

Moyes dikabarkan sudah hampir menyepakati kontrak baru selama tiga tahun di West Ham. Tapi mampukah dia mempertahankan keutuhan tim di musim depan?

Pasalnya, gelandang bertahan sekaligus wakil kapten Declan Rice diminati oleh klub-klub besar Inggris, seperti Chelsea dan Manchester United. WHU sudah memasang harga Rp 1,8 triliun untuk pemain jebolan akademi Chelsea tersebut.

Sementara masa depan gelandang serang/pemain sayap Jesse Lingard juga belum jelas. Penampilan Lingard makin membaik sejak dipinjam dari MU pada 29 Januari 2021. Dia bermain dalam 15 pertandingan dan mencetak Sembilan gol.  Golnya ke gawang Wolverhampton Wanderers pada April lalu membuat pemain berusia 28 tahun itu mendapat gelar pemain terbaik dan gol terbaik di bulan April.

Dua pemain Republik Czech, Vladimir Coufal dan Tomas Soucek juga jadi incaran banyak klub menyusul penampilan cemerlang keduanya di musim ini. Sebagai pemain belakang, Coufal mampu mencetak 7 assist di musim ini. Sedangkan Soucek sudah mengoleksi 10 gol di Liga Premier.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x