Mohon tunggu...
Risya Farisya
Risya Farisya Mohon Tunggu... Lakukan yang terbaik

Nama:farisya af'ida taqiya Sekolah:MTsN 1 KENDARI

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Pencemaran Lingkungan

15 Oktober 2019   00:36 Diperbarui: 15 Oktober 2019   00:49 0 0 0 Mohon Tunggu...

Farisya af'ida taqiya

MtSN 1 KENDAR

   kata pencemaran sudah tak asing lagi untuk didengar. Saat ini pencemaran sudah banyak terjadi di mana-mana. Terkadang saat melihat sekeliling rasanya sudah tak nyaman lagi karena banyaknya penampakan sampah yang menjadi salah satu faktor utama dari terjadinya pencemaran.

Di indonesia ,pencemaran sudah banyak sekali terjadi mulai dari pencemaran udara sampai pencemaran air.

Penduduknya yang jumlahnya lebih dari 250 juta jiwa dan menjadi peringkat ke empat sebagai negara dengan jumlah penduduk terbanyak dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya pencemaran karena banyaknya penduduk membuat sampah yang berasal dari kebutuhan (yang rata-rata dikemas dengan plastik) menjadi lebih banyak. 

Walaupun indonesia adalah negara padat penduduk seharusnya masalah sampah bisa diatasi dengan melakukan berbagai inovasi-inovasi untuk menanggulangi pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh sampah.

 Kenyataan bahwa,orang indonesia masih belum bisa mengambil sikap bijak dalam menanggulangi sampah. Entah apa yang membuat orang indonesia seperti memiliki suatu budaya untuk membuang sampah di mana saja. walaupun sudah ada sebagian orang indonesia yang sadar akan masalah sampah yang mencemari lingkungan dengan melakukan berbagai inovasi tetap saja, budaya membuang sampah di mana saja masih melekat pada orang indonesia.

 

Pencemaran yang terjadi dapat menjadi salah satu sumber datangnya penyakit menular (contoh:kolera,polio,diare,disentri dll) & penyakit tidak menular (contoh:asma&kanker paru-paru).   Yang bisa saja menjadi salah satu alasan mengapa orang indonesia mengalami kematian di usia 60 tahun.

Pencemaran di indonesia yang paling parah berada di kota yang memiliki bamyak perindustrian karena sampah dari hasil industri bisa mencemari tanah dan air serta mencemari tanah dengan bau yang sangat tidak sedap. Di kota yang memiliki banyak industri juga pasti ramai dengan penduduk sehingga selalu ramai dengan kendaraan yang membuat polusi udara semakin  menjadi .

Peranan pemerintah dalam masalah  pencemaran lingkungan sangatlah dibutuhkan, karena  pencemaran lingkungan sangat berdampak pada kehidupan warganya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x