Mohon tunggu...
Riswanda Himawan
Riswanda Himawan Mohon Tunggu... Pendidik Bidang Bahasa dan Sastra Indonesia.

Riswanda Himawan merupakan Pendidik, bidang bahasa dan sastra Indonesia sekaligus mahasiswa pascasarjana magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Penulis aktif dalam kegiatan menulis, baik itu artikel ilmiah berupa jurnal atau prosiding yang terbit pada standar Nasional maupun Internasional, serta aktif menulis pada koran digital berkaitan dengan pendidikan, bahasa, ekonomi, serta budaya.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pentingnya Diseminasi Sesama Guru di Sekolah

24 Juni 2021   13:46 Diperbarui: 24 Juni 2021   14:01 77 1 0 Mohon Tunggu...

Diseminasi atau dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dapat diartikan sebagai penyebarluasan ide, gagasan dan sebagainya. Kegiatan diseminasi sangat diperlukan Guru di sekolah, agar ide, gagasan, dan informasi yang dimiliki oleh salah satu guru dapat menyebar dan diterima oleh guru lainnya dalam suatu lingkungan persekolahan.

Misanya saja, dalam suatu lingkungan persekolahan terdapat guru yang selesai mengikuti kegiatan diklat, seminar, workshop, webinar, guru tersebut dapat mengadakan seminar kecil berkaitan dengan ilmu yang telah didapat untuk disebarluaskan kepada guru lain. Seperti diseminasi yang dilakukan di SMPIP AL Mubtadi Ien Bantul, pada kegiatan tersebut salah satu guru mempraktikan pembelajaran jarak jauh melalui aplikasi google meet yang disaksikan oleh rekan-rekan guru lainnya.

Kegiatan diseminasi dilakukan untuk menambah wawasan para guru terkait pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi google meet. Kegiatan ini dinilai dapat menambah pengetahuan guru yang semula belum mengetahui cara penggunaan aplikasi google meet sebagai penunjang proses pembelajaran jarak jauh. Melalui kegiatan diseminasi, guru juga dapat berdiskusi, bertukar informasi untuk memperbaiki diri. Kegiatan diseminasi guru di sekolah juga dapat menambah nilai, jika nantinya sekolah tersebut meghadapi akreditasi, visitasi dana penilaianlain berkaitan dengan mutu pembeajaran.

VIDEO PILIHAN