Mohon tunggu...
Ristya Septiani
Ristya Septiani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi menggambar

Selanjutnya

Tutup

Surabaya

Mahasiswa KKN Untag Surabaya Bagikan Cara Cerdas Mengurangi Kecanduan Internet

7 Juli 2022   14:10 Diperbarui: 7 Juli 2022   18:38 48 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

(Surabaya, 4 April 2022). Kuliah Kerja Nyata (KKN) rasanya sudah tidak asing lagi di telinga mahasiswa. Bahkan, kegiatan tersebut diwajibkan di tataran Perguruan Tinggi sebagai pertanggungjawaban atas aplikasi disiplin ilmu dari teoritis ke empiris serta perwujudan penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Universitas 17 Agustus atau dikenal dengan julukan Kampus Merah Putih ini menyelenggarakan Kegiatan KKN setiap tahun.

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya melakukan sosialisasi tentang bahaya adiksi internet kepada warga Kelurahan Putat Jaya, Kota Surabaya. 

Pengusulan program sosialisasi ini di dasari hasil wawancara dengan salah satu anggota koalisi kelurahan Putat Jaya yang mengatakan bahwa banyaknya remaja yang menggunakan internet secara berlebihan hingga membohongi orangtua dalam penggunaannya. Permasalahan ini dikhawatirkan akan semakin meningkat dan berakibat buruk untuk masyarakat sekitar. 

Dengan permasalahan tersebut, mahasiswa KKN Untag Surabaya menjawabkan dengan menjalankan program sosialisasi bahaya adiksi internet. Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang adiksi internet. Untuk target sosialisasi bahaya adiksi internet ini adalah remaja usia 13-15 tahun di RT 10/RW 08 Kelurahan Putat Jaya.

Penyampaian materi sosialisasi ini dibawakan oleh dua mahasiswa. Materi yang dibawakan yaitu mengenai pengertian, jenis-jenis, aspek-aspek, faktor-faktor, dampak adiksi internet. Kegiatan ini diawali dengan pengerjaan pre-test untuk mengukur sejauh mana pemahaman peserta tentang adiksi internet sebelum materi disampaikan. 

Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi dan pengerjaan post-test untuk mengukur pemahaman peserta selatah materi disampaikan. Selain itu, pemateri mencoba menarik perhatian peserta dengan memberikan beberapa games dan pertanyaan dengan memberikan reward kepada peserta yang mampu menjawab pertanyaan yang diberikan.

Kegiatan program ini bisa dikatakan lancar. Ini dikarenakan, pertama adanya bimbingan dari Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dra. Tatik Meiyutariningsih, M.Kes.,Psikolog yang terus memberikan bimbingan terhadap program yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa KKN. 

Masyarakat yang menjadi sasaran program ini juga sangat antusias mendengarkan dan berdiskusi mengenai adiksi internet ini. Walaupun ada beberapa hal yang membuat pelaksanaan program ini sedikit tidak kondusif. Dengan diselenggarakan nya kegiatan tersebut tentu diharapkan masyarakat semakin aware terhadap isu bahaya adiksi internet agar bisa menggunakan internet dengan bijak.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Surabaya Selengkapnya
Lihat Surabaya Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan