Hampir semua instansi, perusahaan dan lembaga pendidikan menerapkan kebijakan work from home (WFH) yang menyebabkan lambatnya kegiatan ekonomi di masyarakat. UMKM, toko retail, warung, dan usaha kecil lainnya yang biasanya beroperasi normal langsung terdampak sehingga mengakibatkan banyak usaha menurun drastis atau bahkan gulung tikar. Mereka yang bekerja dengan menggantungkan lembaga pendidikan juga otomatis tidak bisa lepas dari dampak ini. Tidak sedikit mereka yang banting setir mencari dan membuka usaha lain.
Kebijakan WFH ini bagi sebagian masyarakat tentu cukup merepotkan karena prakteknya membutuhkan skill pemanfaatan media digital dan wawasan internet. Bagi yang tidak terbiasa tentu akan semakin bingung dan cenderung menyalahkan situasi karena kondisi semakin memburuk. Di sinilah dimana mahasiswa KKN UPI berfikir keras dalam memberi jalan keluar terhadap situasi ini. Mereka melihat akan pentingnya pendampingan masyarakat dalam hal pembangunan ekonomi digital yang kreatif. Masyarakat tidak akan bisa langsung cepat berwirausaha di tengah arus ekonomi digital yang serba online tanpa adanya pendampingan yang serius dan intensif.
Penguna internet di Indonesia yang sangat tinggi menciptakan peluang bagi banyak perusahaan untuk menjangkau pasar lebih luas ditambah dengan bisnis yang berbasiskan digital membuat kegiatan usaha kita jadi jauh lebih efektif dan efisien, sebab biaya yang dikeluarkan bisa terkontrol dengan baik dan biaya yang dikeluarkan lebih murah. Manfaat dari bisnis berbasiskan digital memiliki beberapa manfaat lainnya, diantaranya:
1. Mudah menemukan konsumen sesuai dengan target pasar
Dengan digital marketing , produk yang kamu tawarkan dapat dengan mudah menjangkau konsumen yang tengah mencari dan membutuhkan produk kita. dengan begitu kamu akan lebih mudah untuk meningkatkan konversi penjualan produk atau jasa kepada calon konsumen.
2. Memudahkan positioning strategis dalam persaingan bisnis
Pelaku usaha besar maupun kecil memiliki kesempatan yang sama dalam ranah digital marketing. kanal yang menawarkan jasa periklanan sama-sama memberikan layanan terbaik mereka kepada semua orang. dengan begitu, bisnis yang kamu miliki mempunyai kesempatan yang sama untuk mendapatkan posisi yang selevel dengan perusahaan manapun.
3. Meningkatkan laba perusahaan
Salah satu faktor berkembangnya sebuah perusahaan berbasiskan digital adalah fitur transaksi berbasis online. karena kemudahannya mampu meyakinkan dan menarik minat konsumen terhadap produk tertentu. sangat memungkinkan digital marketing membuat produk kamu banyak dicari dan dibeli konsumen. tentu saja itu akan membuat  bisnis kamu mendapatkan banyak profit dan awareness konsumen.
4. Memudahkan dalam melakukan evaluasi
Internet merupakan akses terbuka yang membuat bisnis kamu begitu terhubung dengan berbagai platform secara online. ketika sebuah perusahaan ditampilkan bersamaan dengan bisnis lainnya, tentu saja kamu dapat melihat dan meneliti apa saja kelebihan dan kekurangan pada bisnis yang sedang dijalankan. Dengan hal itu kamu dapat mengevaluasi apa saja yang selama ini menjadi titik lemah pada perusahaan kamu, apalagi banyak platform yang memiliki fitur untuk melihat kinerja dari akun bisnis kamu.