Mohon tunggu...
Risnawati Nurlatifah
Risnawati Nurlatifah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Santri Rumah Gemilang Indonesia

Saya Risnawati Nurlatifah merupakan salah satu santri Rumah Gemilang Indonesia yang kini tengah melakukan workshop sebagai syarat kelulusan di Rumah Gemilang Indonesia. Saya memiliki hobi membaca dan menulis sebagai pengisi waktu luang saya.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Peduli Kondisi Anak-Anak Penyintas Gempa Cianjur, LAZ Al Azhar Gelar Aksi Trauma Healing

23 Desember 2022   09:56 Diperbarui: 23 Desember 2022   10:01 260
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

LAZ Al Azhar Kantor Perwakilan Jawa Tengah melalui tim Formula tanggap bencana menggelar Aksi Trauma Healing sebagai wujud rasa peduli terhadap kondisi anak-anak penyintas gempa Cianjur di Kampung Wargaluyu, Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Selasa, (21/12).

Acara ini diikuti oleh 23 anak dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Makmur dan 26 anak dari Raudhatul Athfal (RA) Al Muttaqin dengan menghadirkan seorang pendongeng. Anak-anak dari kedua lembaga pendidikan ini merupakan warga dari beberapa kampung yang ada di Desa Nagrak, yaitu Kampung Wargaluyu, Kampung Sudi, dan Kampung Panumbangan.

Bencana gempa yang mengguncang sebagian besar wilayah Cianjur menimbulkan banyak kerusakan yang cukup parah, sehingga di antara warga penyintas Gempa Cianjur banyak sekali anak-anak yang kehilangan kehidupan normalnya seperti kegiatan belajar di sekolah karena kondisi sekolah yang rusak akibat gempa. Hal ini mengakibatkan anak-anak sekitar yang terdampak gempa hanya belajar dan bermain dalam kondisi yang seadanya.

Baca juga: 29 Hari Pascagempa Cianjur, LAZ Al Azhar dan MTTG Terus Kirimkan Bantuan Logistik dan Bangun Dapur Umum.

Sekolah-sekolah, rumah, dan tempat bermain sudah tak bisa lagi dijadikan tempat yang aman bagi mereka melakukan kegiatan belajar dan bermain. Sebagai upaya meringankan rasa trauma dan mengembalikan keceriaan anak-anak tersebut aksi trauma healing dilakukan di Saung Ilmu Desa Nagrak yang sekaligus menjadi pos tanggap bencana LAZ Al Azhar.


Dokpri
Dokpri

Dofi Ridofillah, selaku Koordinator tim Formula LAZ Al Azhar mengatakan diharapkan dengan adanya Aksi Trauma Healing ini, anak-anak dan bahkan ibu-ibu yang mendampingi mereka merasa terhibur dan sedikit bisa meredakan kesedihan mereka melihat kondisi rumah dan lingkungan yang belum kembali seperti sediakala.

Warga penyintas gempa Cianjur mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada para donatur dan LAZ Al Azhar karena selalu hadir di tengah-tengah mereka untuk menemani, membantu, dan meringankan beban mereka dari sisi moril maupun materil.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun