Mohon tunggu...
Risna IrianiUnus
Risna IrianiUnus Mohon Tunggu... Mahasiswa - Risna

Risna Iriani Unus

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pandangan Kehidupan Mahasiswa dalam Berlembaga

25 Maret 2021   09:26 Diperbarui: 25 Maret 2021   09:50 52 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pandangan Kehidupan Mahasiswa dalam Berlembaga
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nama : Risna Iriani Unus

NIM    : N011201004

GB       : 09

Lembaga atau Organisasi kemahasiswaan memiliki peran yang sangat besar dalam pengembangan civic skills mahasiswa agar  nantinya siap untuk terjun ke masyarakat atau ke dunia pekerjaan. Organisasi bagi  mahasiswa itu sendiri  merupakan sebuah  wadah yang digunakan  dalam mengembangkan setiap kemampuan yang dimiliki oleh mahasiswa. Keikutsertaan seorang mahasiswa dalam berlembaga memberikan banyak pengaruh untuk kehidupannya. Dengan berlembaga diharapkan mahasiswa bisa mengembangkan potensi yang ia miliki untuk dipergunakan sebaik-baiknya di dunia kerja yang akan mereka hadapi nanti. Selain itu, dengan berlembaga mahasiswa diajarkan banyak hal mulai dari berpendapat, bekerjasama, berinteraksi antarsesama serta bertukar pikiran.

Dimana hal tersebut pastinya akan membawa banyak perubahan kepada mahasiswa dan seperti yang kita tahu mahasiswa sering disebut sebagai agent of chance atau disebut sebagai pembawa perubahan. Peran mahasiswa dapat terlaksana dengan baik apabila mahasiswa memiliki kemampuan berpikir, bertindak  serta berperilaku baik.  

Ada banyak hal yang bisa didapatkan oleh mahasiswa dalam berlembaga yang nantinya bisa mereka pergunakan untuk melaksanakan peranannnya sebagai agent of chance. Diantaranya dengan berlembaga mereka dapat menambah pengalamannya dalam berorganisasi misalnya mereka menjadi tahu bagaimana  menjadi pemimpin, melatih percaya diri dan bagaimana berkomunikasi dengan baik.  

Berorganisasi sangat identik dengan diskusi dimana pada saat berdiskusi pastinya kmahasiwa akan berkomunikasi atau bertukar pikiran dengan orang lain yang dapat  melatih serta mengasah keterampilan interpersonal seorang mahasiswa dan juga bisa menyatukan kepribadian banyak orang yang berbeda-beda. Kematangan cara berpikir dan berprilaku seorang mahasiswa dalam hidup bermasyarakat memiliki hubungan yang sangat erat  dengan banyaknya pengalaman dan pelajaran yang mereka dapat  dari  menjalani dan melakukan kegiatan-kegiatan dalam organisasi. 

Dalam menjalani kehidupan berorganisasi sesorang diharuskan dapat bekerja sama dengan baik dengan sesamanya dalam situasi apa pun. Dengan berorganisasi akan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk dapat berkreasi dan beraktivitas secara lebih luas.  

Di dalam sebuah organisasi akan ada banyak orang baru yang dikenal. Misalnya teman-teman seangkatan, senior, mahasiswa dari jurusan lain.  Organisasi  dapat memberikan pengetahuan yang secara langsung melalui interaksi antarsesama anggota organisasi. 

Dimana kebanyakan orang dalam sebuah organisasi cenderung melakukan penyusunan kegiatan yang berfokus pada hubungan langsung dengan masyarakat sehingga komunikasi sosial mereka  dapat berkembang dengan baik.  Masuk di sebuah organisasi pastinya akan timbul rasa persaudaraan yang tinggi karena derajatnya organisasi itu  terdiri atas orang-orang yang memiliki tujuan yang sama sehingga mereka menjadi lebih peduli kepada sesama anggota. 

Tetapi, bukan berarti mahasiswa itu harus lebih mengutamakan kepentingan organisasi dibandingkan perkuliahan. Mahasiswa haruslah tetap mengutamakan kepentingan perkuliahannya  Beberapa orang berpendapat bahwa dengan mengikuti organisasi atau berlembaga akan mengganggu perkuliahan mahasiswa. Tetapi itu sebenarnya tergantung dari mahawasiswa itu sendiri, bagaimana dia bisa mengatur waktu  untuk perkuliahan dan organisasi. Yang artinya secara tidak langsung dengan berorganisasi mahasiswa diajarkan untuk bisa mengatur waktu mereka dengan baik.

Mohon tunggu...
Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan