Mohon tunggu...
Risma Novita Dewi
Risma Novita Dewi Mohon Tunggu... Administrasi - Follow instagram @novita_risma19

Usaha tidak akan menghianati hasil

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Sehat Bersama GERMAS

2 Desember 2021   14:25 Diperbarui: 2 Desember 2021   14:28 24 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao


 Bagi yang belum pernah mendengar  Germas, sebuah gerakan masyarakat untuk hidup sehat. Program ini diprakarsai oleh pemerintah bekerjasama dengan kelompok masyarakat dan tokoh masyarakat lainnya. Program ini dimulai pada tahun 2016, dan terutama berfokus pada program gaya hidup sehat yang dimulai dari keluarga,  seperti 444 .1. Makan Buah dan Sayur
 Makan buah dan sayur sudah terbukti menjadi gaya hidup sehat. Buah dan sayur mengandung vitamin dan serat yang dibutuhkan  tubuh. Dengan memperbanyak asupan buah dan sayur, maka dapat menghambat radikal bebas yang beredar di dalam tubuh. Selain itu, meningkatkan asupan serat akan meningkatkan  metabolisme tubuh sehingga kotoran tidak menumpuk.
 2. Aktivitas Fisik
 Aktivitas fisik sangat penting bagi tubuh, terutama kesehatan tulang. Budaya tempat kerja masyarakat ultra-modern, di mana aktivitas fisik sehari-hari kurang karena gaya hidup yang tidak banyak bergerak. Padahal, aktivitas fisik dapat membantu sistem metabolisme Anda. Aktivitas fisik yang dilakukan tidak harus berat dan bisa dilakukan dengan banyak jalan kaki. Bahkan bagi ibu rumah tangga, membersihkan dan mengepel adalah aktivitas fisik yang  membuat Anda berkeringat.
 3. Pemeriksaan Kesehatan Berkala
 Selain kedua tindakan di atas, Anda juga harus menjalani pemeriksaan kesehatan secara berkala. Apabila sudah terlihat tandatanda waspada, dapat dilakukan pencegahan sehingga tidak sampai jatuh sakit. Dengan demikian, selain tetap dapat hidup sehat, namun juga sekaligus menekan pengeluaran untuk biaya berobat.
 Ketiga program Germas di atas merupakan program utama yang dilakukan dari lingkungan terkecil keluarga. Artinya anggota keluarga saling menjaga dan mengingatkan demi untuk mendapatkan hidup yang sehat. Terlebih lagi dengan menggalakkan hidup sehat dari lingkungan keluarga dapat membantu mencegah munculnya berbagai penyakit. Seperti yang  banyak orang katakan, mencegah  lebih baik daripada mengobati.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan