Mohon tunggu...
Risma Defva Santoso
Risma Defva Santoso Mohon Tunggu... Mahasiswi

Mahasiswi Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya S1-GIZI Enjoy my news:) , Hopefully be useful for reader

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Resume dari Sejarah, Kedudukan, serta Fungsi Bahasa Indonesia

29 Oktober 2020   22:15 Diperbarui: 29 Oktober 2020   22:19 33 1 0 Mohon Tunggu...

Pada Bahasa Indonesia sejarah sangatlah berperan penting dalam kehidupan, dengan sejarah kita dapat mengetahui banyak peristiwa-peristiwa penting dimasa lalu , 

seperti Sejarah dari Bahasa Indonesia yang awalnya terbentuk dari Bahasa Melayu lalu diubah menjadi EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) yang telah diresmikan tanggal 16 Agustus 1972 yang berdasarakan pada Keputusan Presiden No.57 Tahun 1972. Lalu setelah melewati banyak konferensi dan peresmian , 

akhirnya Bahasa Indonesia resmi dijadikan Bahasa Nasional Bangsa Indonesia pada tanggal 28 Oktober 1928 (Pada Saat Sumpah pemuda) Akan Tetapi meresmikan Bahasa Indonesia tidak semudah itu, banyak sekali tahap yang telah dilewati untuk meresmikan Bahasa Indonesia kita ini.

Selain peristiwa sumpah pemuda ada juga kongres Bahasa Indonesia yang diadakan di Solo pada tahun 1938, 18 Agustus 1945, Ejaan Soewandi, Di Medan 1954 , Ejaan Pembaruan 1956, Ejaan Melindo 1961, Lembaga Bahasa Kesusastraan 1966, akan tetapi baru disahkan sejak 17 Agustus 1972. Pada bahasa dunia sendiri juga banyak bentuknya yaitu Indogerman, Eropa, Semit, Arab, ALTAI (Turki), Jepang, Austronesia,dan ASIA.

Fungsi dari Bahasa indonesia sendiri memiliki banyak fungsi diantaranya adalah alat pemersatu yang berbeda beda suku bangsa karena diIndonesia sendiri banyak memiliki berbagai macam keragaman suku dan budaya yang berbeda beda , lalu selain menjadi alat komunikasi dan alat pemersatu bangsa , 

Bahasa Indoesia sendiri menjadi kekayaan bagi bangsa Indonesia selain kekayaan suku , tarian dan lain-lain dan yang terakhir adalah sebagi lambang/identitas negara kita . Maka dari itu sudah sebaiknya kita sebagai Bangsa Indonesia harus menjunjung tinggi dan melestarikan Bahasa-bahasa yang ada di Indonesia kita ini , terutama Bahasa Indonesia , jangan sampai Bahasa Persatuan kita ini tergantikan dengan Bahasa yang lain.

Bahasa Indonesia saat ini pun telah terlestarikan dan Perkembangannya pun saat ini semakin baik, apalagi dengan makin diminatinya Bahasa Indonesia oleh masyarakat internasional. 

Banyak orang orang luar negeri/orang asing yang berminat untuk belajar Bahasa Indonesia , setiap orang Indonesia patutlah bersikap positif terhadap bahasa Indonesia, janganlah menganggap remeh dan bersikap negatif. Setiap orang Indonesia mestilah berusaha agar selalu cermat dan teratur menggunakan bahasa Indonesia. 

Selain itu, Pemerintah harus dapat menyadarkan masyarakat betapa pentingnya kita menjaga bahasa Indonesia yang dapat diterapkan melalui kebijakan-kebijakan strategis, karena pemerintah dalam hal ini menjadi regulator di negara ini dan bias membuat Bahasa Indonesia ini semakin terjaga karena adanya Undang-Undang serta Pasal yang dapat melindungi Bahasa yang telah diwariskan oleh para pahlawan kita sedari dulu kala.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x