Mohon tunggu...
RISKY OKTAFIA
RISKY OKTAFIA Mohon Tunggu... Guru - GURU

SEORANG PENDIDIK YANG MENYUKAI KESENIAN

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Upaya Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik terhadap Pembelajaran Seni Tari

1 Desember 2022   15:55 Diperbarui: 1 Desember 2022   15:58 237
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Proses Belajar-Mengajar yang berlangsung di sekolah merupakan suatu proses interaksi perbuatan guru dan siswa atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif baik ketika memberikan teori maupun praktik.  Dalam pembelajaran seni budaya,  salah satu cabang yang terangkum dalam kurikulum pendidikan adalah seni tari.

Seni tari membahas pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan gerak.  Tari adalah ekspresi (ungkapan perasaan atau ungkapan emosi) yang ditampilkan melalui gerak-gerak tubuh yang didalamnya terdapat unsur keindahan wiraga, wirama, wirasa dan wirupa  seiring dengan irama.

Pada kenyataannya, proses pembelajaran seni tari baik teori maupun praktik belum menunjukkan hasil seperti yang diharapkan.  Hal ini dapat terlihat dari masih banyak sekali hasil dari latihan gerak tari peserta didik belum optimal.  Untuk itu diperlukan upaya untuk meningkatkan minat peserta didik dalam  pembelajaran seni tari.

Dalam kegiatan pembelajaran seni tari, minat harus dipandang sebagai suatu sambutan yang sadar, jika tidak demikian minat itu tidak memiliki arti sama sekali.  Maka, setiap peserta didik seharusnya memiliki minat untuk belajar.

Untuk itu, bagaimana cara meningkatkan minat belajar peserta didik terhadap pembelajaran terutama pada pelajaran seni budaya (seni tari) di sekolah ? karena seperti yang kita ketahui tidak semua siswa peserta didik memiliki minat yang sama terhadap pelajaran ini.

Adapun beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik adalah :

  • Kenali masalah yang dihadapi
  • Kurangnya minat belajar bisa saja disebabkan karena tidak suka dengan pelajaran tersebut, tidak nyaman dengan cara guru mengajar, situasi di dalam kelas, lingkungan sekolah yang kurang menyenangkan, sara dan fasilitas yang tidak memadai, masalah keluarga dan faktor lainnya.   Untuk itu, sebagai seorang pendidik harus bisa mengenali lebih dulu apa sebenarnya masalah yang sedang dihadapi oleh peserta didik.
  • Memaksimalkan media pembelajaran
  • Upaya yang perlu dilakukan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik terhadap pelajaran seni tari adalah dengan cara memaksimalkan media pembelajaran.  Zaman sudah semakin canggih, sangat berbeda dengan belasan tahun yang lalu.  Anak-anak zaman sekarang sudah sangat akrab dengan teknologi internet dan berbagai media digital yang bisa digunakan untuk belajar.  Untuk itu seorang pengajar bisa memanfaatkan internet, smartphone, video, aplikasi dan teknologi lainnya untuk memudahkan proses belajar dan memahami mata pelajaran.

  • Berikut adalah upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik.  Membangkitkan minat terhadap sesuatu pada dasarnya adalah membantu peserta didik untuk melihat bagaimana hubungan antara materi yang diharapkan untuk dipelajari dengan sendiri sebagai individu.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun