Mohon tunggu...
Riska Widya Sari
Riska Widya Sari Mohon Tunggu... Mahasiswa Pendidikan Sejarah UNS

Menulis Untuk Bersuara

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mahasiswa KKN UNS Memberikan Edukasi Pencegahan COVID-19

4 Juli 2020   16:03 Diperbarui: 4 Juli 2020   16:30 54 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN UNS Memberikan Edukasi Pencegahan COVID-19
Mahasiswa KKN UNS, Riska Widya Sari membagikan masker kain dan edukasi kepada Ibu Yanti, salah satu warga Sitimulyo RT. 7/11 Cepu.dokpri

Cepu - Ancaman dari pandemi Covid-19 masih belum berakhir, hingga sekarang jumlah kasus di Indonesia masih terus melonjak dengan tajam. Pandemi Covid-19 berdampak pada berbagai aspek kehidupan. Universitas Sebelas Maret dalam upaya mengurangi mata rantai penyebaran virus korona maka menerapkan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dalam bentuk penerjunan mahasiswa pada program KKN ini bertajuk 'Relawan UNS Tanggap Wabah Covid-19' di berbagai wilayah Indonesia. KKN bertujuan untuk menciptakan pengalaman mahasiswa S-1 melalui bentuk pengabdian kepada masyarakat. Pada masa pandemi, kegiatan KKN dilakukan di daerah domisili masing-masing.

Riska Widya Sari (K4417059) adalah salah satu dari mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan KKN UNS di masa pandemi Covid-19. Lokasi KKN di Sitimulyo RT. 007 RW. 011, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Riska tergabung dalam KKN UNS Masa Covid Batch II dengan Dosen Pembimbing Lapangan yaitu Dr. Sutanto, S.Si., DEA. Kegiatan KKN dilaksanakan pada tanggal 15 Mei - 30 Juni 2020. Program yang dijalankan mengenai peningkatan kesadaran masyarakat terhadap perilaku pola hidup bersih dan sehat. Sosialisasi dan edukasi dirasa sangat penting untuk mengoptimalisasikan kesadaran masyarakat sebagai bentuk pencegahan dari penyebaran Covid-19.

"Masyarakat di lingkungan Sitimulyo sudah memiliki kesadaran terhadap bahaya penyebaran Covid-19. Saya menghadapi tantangan yaitu upaya meningkatkan kesadaran masyarakat yang telah sadar, sehingga program KKN difokuskan untuk mengedukasi dan mensosialisasikan kepada Ibu PKK dengan memanfaatkan media informasi Whatsapp Grup yang kemudian disebarluaskan dalam lingkup kecil yaitu keluarga" ujarnya.

Kegiatan yang dilakukan seperti memberikan informasi edukatif mengenai Covid dikemas secara menarik untuk dibagikan di Whatsapp Grup, pendampingan arisan sistem gulir pandemi yang harus sesuai dengan protokol kesehatan serta pembayaran secara bergulir 1-3 orang, pemasangan poster dan MMT di kawasan yang sering dikunjungi masyarakat seperti warung-warung makan, pembagian masker kain dan mengajak gerakan untuk menanam agar warga tetap bisa produktif di masa pandemi.

Harapan dari kegiatan KKN UNS pada masa pandemi yaitu untuk meminimalisir penyebaran Covid-19, meningkatkan kesadaran masyarakat untuk selalu waspada dengan mematuhi protokol kesehatan seperti selalu menggunakan masker, jaga jarak dan rajin cuci tangan.

VIDEO PILIHAN