Mohon tunggu...
KKN UM JAMBESARI 2021
KKN UM JAMBESARI 2021 Mohon Tunggu... Universitas Negeri Malang

KKN Reguler

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pembukaan KKN UM 2021 di Desa Jambesari Kecamatan Poncokusumo Malang

19 Juni 2021   12:40 Diperbarui: 19 Juni 2021   12:58 44 1 0 Mohon Tunggu...

Kuliah Kerja Nyata atau yang disingkat KKN merupakan salah satu kegiatan wajib yang harus ditempuh mahasiswa Universitas Negeri Malang. Selain sebagai syarat kelulusan mahasiswa, KKN juga berperan memberikan pengalaman mengabdi langsung kepada masyarakat. Kegiatan ini juga dapat mengasah skill teamwork tiap anggota yang mengikutinya. Hal ini sangat berguna sebagai bekal mahasiswa untuk menghadapi dunia pekerjaan. Salah satu jenis KKN yang ada di Universitas Negeri Malang yaitu KKN Reguler yang sistemnya beranggotakan mahasiswa multidisiplinangkatan 2018. Kegiatan KKN ini diselenggarakan saat semester antara tahun ajaran 2020/2021 selama 45 hari tepatnya tanggal 11 Juni hingga 25 Juli 2021.

            Desa Jambesari, Kecamatan poncokusumo, Kabupaten Malang menjadi salah satu lokasi diselenggarakannya KKN Reguler periode semester antara 2020/2021. Desa yang terletak di sebelah Timur Kota Malang ini terdiri dari tiga dusun yaitu: Dusun Pabrikan, Dusun Sumbersari, dan Dusun Sumberjambe. Ketiga dusun ini dipimpin oleh seorang Kepala Desa bernama Pak Imam. Bapak kepala desa beserta perangkatnya sangatlah mendukung program KKN untuk menambah kesejahteraan masyarakat Desa Jambesari. Hal ini terlihat dari didukungnya kegiatan awal KKN ini yaitu Pembukaan KKN Desa Jambesari pada Hari Selasa, 15 Juni 2021 yang berlokasi di Balai Desa Jambesari.

            Pembukaan KKN ini dihadiri oleh Perangkat Desa Jambesari, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Ibu Yuniawatika, S.Pd., M.Pd serta ketiga belas anggota KKN Desa Jambesari 2021 dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa 15 Juni 2021 pukul 09.00 – 10.30 WIB dibuka oleh Master of Ceremony Sri Evita Mustikawati Suwandhi (S1 Pendidikan Geograsi 2018)  dan agenda selanjutnya yaitu menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh Riska Ema Winyastuti (S1 Pendidikan Sosiologi 2018), dilanjutkan sambutan Koordinator Desa oleh Haekal Vikdasir (S1 PKO 2018), kemudian  sambutan dari Ibu Yuniawatika, S.Pd., M.Pd selaku DPL Desa Jambesari, dan ditutup sambutan oleh Pak Agus selaku Perwakilan Desa Jambesari.

            Setelah sambutan koordinator Desa, DPL, dan Perwakilan Desa dilanjutkan dengan penyampaian program kerja yang akan dilaksanakan kelompok KKN Jambesari 2021 selama 45 hari kedepan yang disampaikan oleh Nindya Widyanti (S1 Kimia 2018). Program kerja yang dilaksanakan yaitu: Pelatihan Microsoft Excel untuk Guru, Pembuatan Peta Profil 3 Dusun, English Fun Learning, Pemanfaatan Sampah Organik dan Pembuatan Pojok Toga, Pelatihan Massage, Pembuatan Sirup Jeruk dan Pelatihan Pemasarannya, Media Pembelajaran Calistung, Kolase Kulit Jeruk Bekas serta dua proker pendukung yaitu Penerimaan Siswa Baru, dan Classmeeting.

            Kegiatan Pembukaan KKN UM Desa Jambesari ini diakhiri dengan Do’a yang disampaikan oleh Angga Tutur Priantoko (S1 Pendidikan Teknik Informatika 2018). Tak lupa dilakukan agenda Foto Bersama dengan Perangkat Desa Jambesari.

VIDEO PILIHAN