Mohon tunggu...
Riska Amelia
Riska Amelia Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Tidak pernah

Hobi saya bernyanyi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Menanam Padi di Musim Hujan Tahun Ini

19 Februari 2024   13:10 Diperbarui: 19 Februari 2024   14:09 35
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Musim hujan untuk para petani biasanya tidak jauh dari kata 'bertani', bercocok tanam, khususnya menanam padi. Apalagi padi sudah tentu adalah makanan pokok, yang tidak bisa dijauhkan dari kehidupan manusia sehari-hari.

Petani berperan penting untuk hal yang satu ini. Mungkin untuk sebagian orang menanam padi Sudah bukan hal yang asing untuk didengar tapi ada juga sebagian yang masih awam tentang hal ini. Nah mari kita belajar dan analisis bersama bagaimana biasanya para petani menanam padi.

Musim hujan bagi para petani sangat berpengaruh karena biasanya pada musim ini petani sibuk bercocok tanam atau menanam padi. Kenapa harus musim hujan?

Karena ketersediaan air pada musim hujan cukup tinggi, sehingga menjadi waktu yang tepat untuk para petani menanam padi. Tapi biasanya para petani juga mempertimbangkan ketersediaan Sinar matahari nya juga dua hal itu juga yang harus diperhatikan, kadar air yang cukup dan sinar matahari yang cukup.

 Jadi biasanya, jika musim hujan tiba para petani secara serentak langsung mempersiapkan

Untuk menanam padi, proses nya juga cukup panjang. Sebagai contoh proses:

1. Membajak Sawah

Dulu biasanya kegiatan membajak sawah ini dilakukan oleh hewan ternak,seperti kerbau dan   sapi. Tapi seiring berkembangnya teknologi sekarang orang- orang lebih banyak menggunakan mesin bajak (kultivator).

2. Pembibitan

Biasanya benih padi yang bagus akan direndam dua malam hingga berkecambah atau ada juga yang langsung disebar tanpa perlu direndam dulu takaran untuk pembibitan biasanya disesuaikan dengan lahan dan sawahnya.

3. Penanaman

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun