Mohon tunggu...
Riska Alifia Putri
Riska Alifia Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Program Studi Sains Data, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Nusa Mandiri

Hanya ingin berbagi informasi.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Apa Itu Komputasi pada Data Science?

17 Maret 2022   19:15 Diperbarui: 21 Maret 2022   09:22 597 1 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Hai, Warganet!

Mungkin bagi sebagian mahasiswa, terutama yang mengambil jurusan IT sudah tidak asing lagi saat mendengar kata ‘komputasi’. Nah, kali ini kita akan membahas hal yang sedikit berbeda, yaitu komputasi pada data science!

Sebelum itu, mari kita pahami terlebih dahulu arti dibalik kata komputasi dan data science. Tujuannya agar dapat memberikan pemahaman dasar yang kuat tentang pembahasan kita kali ini. Yuk, simak penjelasannya!

Tahukah kamu, apa yang dimaksud dengan Komputasi

Komputasi dapat dikatakan sebagai gabungan antara cabang ilmu komputer dan matematika yang berfungsi membahas proses pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Data input disini adalah data yang akan dimasukkan dan diproses oleh komputer secara sistematis. Algoritma yang ditampilkan pun biasanya digambarkan dalam flowchart untuk mempermudah proses dan pengecekan.

Lalu, apa yang dimaksud dengan Data Science

Singkatnya, data science adalah ilmu yang mempelajari tentang pengolahan data. Ilmu multidisiplin yang menggabungkan matematika, statistika, pemrograman, dan keahlian spesifik untuk mengolah, menganalisis, dan merepresentasikan suatu kumpulan data menjadi sebuah insight yang berguna, baik itu berasal dari data terstruktur atau data tidak terstruktur untuk mendukung proses pengambilan keputusan. Dalam proses pengolahan data, algoritma machine learning sering digunakan oleh para data expert yang berfungsi dalam mengolah teks, gambar, video, audio, dan lain-lain untuk menghasilkan sistem kecerdasan buatan.  

Salah satu contoh kegunaan data science adalah untuk membantu perusahaan dalam menganalisa data demi kebutuhan bisnis agar perusahaan semakin berkembang, kompeten, dan mendapat keuntungan. Oleh karena itu, data science merupakan ilmu yang sangat penting, karena bisnis kecil maupun besar sangat bergantung pada data.

Nah, itu dia pengertian dari komputasi dan juga data science. Sangat mudah dipahami, bukan? Kalau belum paham, ulang lagi aja bacanya dari awal, hehehe. Alright, selanjutnya mari kita masuk pada pembahasan utama yaitu Komputasi pada Data Science!

Memahami Bidang Komputasi pada Data Science

Komputasi pada data science artinya suatu bidang studi yang mempelajari bagaimana membuat suatu model matematika, menganalisis data secara kuantitatif, mencari strategi pemecahannya, dan menggunakan komputer sebagai alat untuk mencari solusinya. Metode analisis data kuantitatif merupakan metode yang digunakan ketika melakukan penelitian berkaitan dengan data numerik yang jumlahnya besar, dan dapat dihitung menggunakan rumus-rumus statistika.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan