Mohon tunggu...
Riska Ayu Astuti
Riska Ayu Astuti Mohon Tunggu... Lainnya - Universitas Jember

Ig||riska_ayu

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Dampak Perekonomian terhadap Kesejahteraan Masyarakat

2 November 2020   21:40 Diperbarui: 2 November 2020   21:50 268 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dampak Perekonomian terhadap Kesejahteraan Masyarakat
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Oleh : Riska Ayu Astuti ( email : rayuastuti12@gmail.com )

Ekonomi adalah salah satu aspek kehidupan yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Bagi negara berkembang seperti Indonesia, ekonomi merupakan aspek yang sangat penting karena bagaimana pengelolaan perekonomian suatu negara akan menjadi tolak ukur kesejahteraan masyarakatnya. Semakin tinggi taraf ekonomi suatu wilayah akan mempengaruhi kesejahteraan masyarakatnya pula. Pemanfaatan potensi daerah sekitar merupakan cara untuk menaikkan taraf ekonomi suatu wilayah. Pemerintah telah mempertimbangkan berbagai aspek untuk menaikkan taraf ekonomi agar pembangunan suatu daerah akan semakin baik. Kondisi saat pandemi seperti saat ini perekonomian diperkirakan akan mengalami resesi, maka dari itu masyarakat menengah kebawah harus berani berinovasi agar tetap mempertahankan perkonomian mereka. Pembangunan akan berjalan dengan lancar apabila masyarakat ikut berperan aktif dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat. Dengan koordinasi yang baik antara masyarakat dan pemerintah akan menjadikan pembangunan wilayah berjalan dengan baik. 

Peran masyarakat dalam membantu pembangunan suatu wilayah sangat dibutuhkan pemerintah demi kelancaran peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kesejahteraan masyarakat yang baik akan membantu kemajuan suatu negara karena dapat melahirkan sumber daya manusia dengan daya saing yang tinggi. Kemajuan sarana dan prasarana wilayah akan semakin baik apabila sumber daya manusia yang ada dapat menciptakan kondisi lingkungan yang baik, aman dan nyaman.  Contoh peran masyarakat dalam upaya peningkatan ekonomi untuk pembangunan adalah dengan memahami dan menerapkan system ekonomi yang baik dalam upaya pemasaran hasil inovasi sumber daya alam yang ada. Pemanfaatan sumber daya alam dengan baik tanpa merusak sumber daya alam yang ada akan mendatangkan manfaat tersendiri dalam kehidupan masyarakat. 

Pemerintah dapat melakukan berbagai macam sosialisasi untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya ekonomi dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat. Semakin banyak ilmu yang disosialisasikan pemerintah kepada kalangan masyarakat menengah kebawah akan mendatangkan manfaat tersendiri untuk pemerintah, pendapatan negara bertambah, pembangunan berjalan dengan baik, dapat memperbaiki potensi yang dapat mendatangkan turis yang akhirnya akan meningkatkan devisa negara. 

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x