Mohon tunggu...
Risdayanti
Risdayanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

hobi saya melukis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Migrasi: Pengertian, Jenis dan Teori yang Berkaitan

8 Desember 2022   18:02 Diperbarui: 8 Desember 2022   18:05 659
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Potret Kota Banjarmasin sebagai tempat tujuan utama migrasi wilayah Kalimantan Selatan/dokpri

Sebelumnya pasti kalian sering mendengar istilah migrasi bukan? Nah, meskipun sebagian dari kalangan masyarakat sudah familiar dengan kata migrasi namun masih banyak juga yang tidak memahami arti kata migrasi tersebut, disini kita akan mengupas tuntas mengenai migrasi secara singkat dan mudah dipahami.

Pengertian Migrasi

Menurut Rozy Munir dalam buku Dasar-dasar Demografi, migrasi adalah perpindahan orang dari satu tempat ke tempat lain melintasi batas-batas administrasi dengan tujuan menetap. 

Dalam arti luas, migrasi adalah perubahan tempat tinggal permanen atau semi permanen. Migrasi juga dapat diartikan sebagai perubahan tempat tinggal seseorang baik secara permanen maupun semi permanen, dan tidak ada batasan jarak untuk mengubah tempat tinggal.

Macam-Macam Migrasi

  • Migrasi masuk  (in migration)yaitu masuknya penduduk ke daerah tujuan.
  • Migrasi keluar (out migration) adalah pergerakan orang keluar dari suatu daerah asal.
  • Migrasi bersih adalah perbedaan antara jumlah migrasi masuk dan keluar
  • Migrasi kotor, jumlah migrasi masuk dan keluar.
  • Migrasi total (migrasi total) Adalah semua kejadian migrasi, termasuk migrasi selama kehidupan dan migrasi kembali.
  • Migrasi internasional adalah perpindahan orang dari satu negara ke negara lain.
  • Migrasi seumur hidup adalah migrasi berdasarkan tempat lahir, yaitu mereka yang pada saat pencacahan sensus tinggal di daerah yang berbeda dengan daerah tempat mereka dilahirkan.
  • Migrasi sebagian adalah jumlah pendatang ke suatu daerah tujuan dari satu daerah asal atau dari satu daerah asal ke satu tujuan.
  • Arus migrasi (migration stream) Jumlah atau jumlah pergerakan yang terjadi dari daerah asal ke daerah tujuan dalam jangka waktu tertentu.
  • Urbanisasi (urbanisasi) Meningkatnya proporsi penduduk yang tinggal di daerah perkotaan yang disebabkan oleh proses migrasi penduduk ke kota dan atau sebagai akibat dari ekspansi perkotaan.
  • Transmigrasi (transmigrasi) Transmigrasi adalah pemindahan dan pergerakan orang dari suatu daerah untuk menetap di daerah lain yang ditetapkan dalam wilayah Negara Republik Indonesia untuk kepentingan pembangunan nasional atau karena alasan yang dianggap perlu oleh pemerintah berdasarkan ketentuan yang diatur dalam undang-undang.


Teori Penyebab Migrasi

Beberapa teori mengungkapkan mengapa orang bermigrasi, termasuk teori kebutuhan dan stres. Kebutuhan individu adalah ekonomi, sosial, budaya, dan psikologis. 

Namun, semakin besar kebutuhan tidak dapat dipenuhi, semakin besar stres yang dialami. Jika stres melebihi batas, maka seseorang akan pindah ke tempat lain yang memiliki nilai untuk memenuhi kebutuhannya. 

Perkembangan teori migrasi dikenal sebagai stress-threshold atau model place-utility (Mantra, 2008). Sehingga dapat dilihat bahwa seseorang akan bermigrasi jika merasa memiliki nilai yang rendah di daerah asalnya ke tempat yang nilainya lebih tinggi untuk memenuhi kebutuhannya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun